Skip to content

Cara Agar Anda Bisa Terhindar dari Insomnia

  • by

Mengalami masalah kesulitan untuk tidur pada malam hari atau insomina tentunya akan sangat mengganggu. Hal tersebut mengingat bahwa pada esok hari Anda akan menjalani berbagai aktivitas yang cukup padat. Insomnia merupakan sebuah keadaan di mana seorang individu senantiasa terjaga sepanjang malam. Kondisi ini bisa terjadi karena beberapa faktor yang mempengaruhi. Mulai dari rasa cemas yang berlebih hingga efek dari layar smartphone. Pada akhirnya jika ini terjadi kepada Anda, maka banyak sekali kerugian yang akan diperoleh.

Efek Buruk Insomnia

Insomina memiliki banyak dampak buruk terutama bagi kesehatan Anda. Tubuh yang harusnya beristirahat pada malam hari untuk mengembalikan energi tidak bisa melakukannya. Akhirnya tubuh akan mengalami kekelahan sehingga seseorang akan mengalami kondisi tubuh yang kurang fit dan tidak bugar. Dampaknya tentu akan sangat beraneka ragam. Mulai dari mengantuk, kurang fokus, lesu dan hal lain sebagainya.

Begini Cara yang Bisa Dilakukan Agar Terhindar dari Insomnia

Mengingat berbagai dampak buruk yang ditimbulkan akibat dari insomnia, tentunya Anda tidak ingin itu terjadi. Ada bebebapa hal yang bisa dilakukan sebagai cara agar tidak insomnia. Sebelum tidur, pastikan bahwa Anda sudah menonaktifkan semua gadget yang dimiliki maksimal 30 menit sebelumnya. Cara ini juga ampuh untuk membuat tidur menjadi lebih berkualitas. Menjauhkan diri dari gadget sebelum tidur akan membuat pikiran menjadi lebih tenang sehingga otak menjadi rileks dan mata bisa segera terpejam.

Apabila Anda merasa mengalami kesulitan untuk tidur cobalah untuk mematikan lampu dan mendengarkan lagu yang bisa membuat tubuh rileks, Ada berbagai macam jenis musik yang bisa menjadi lagu lullaby pengantar tidur. Mematikan lampu untuk sebagian besar orang juga sangat efektif. Cahaya lampu yang terang merangsang mata untuk terus terjaga. Sementara kondisi gelap bisa membantu tubuh untuk cepat terlelap dan tidur menjadi lebih nyenyak.

Kemudian cara agar tidak insomnia selanjutnya adalah hindari mengkonsumsi minuman berkafein pada malam hari. Minuman jenis kopi atau teh yang tinggi kafein tentu bisa merangsang insomnia terjadi. Cukup minum air putih atau susu hangat bila ingin tidur menjadi lebih berkualitas.