Bali memiliki daya pikat tersendiri di mata dunia. Ada banyak sekali destinasi di Pulau Dewata ini yang menggoda para wisatawan baik lokal atau domestik maupun mancanegara alias turis. Selain wisata alam berupa pantai, Bali juga menawarkan banyak sekali destinasi wisata berupa air terjun yang menjulang tinggi dan indah.

Tentang Air Terjun di Desa Sambangan

Jika kamu mencari air terjun di Pulau Dewata, kamu harus menengok sebuah desa yang berada di Kabupaten Buleleng. Lebih tepatnya desa tersebut adalah Desa Sambangan.

Lokasi

Desa yang terletak di Kecamatan Sukasada ini menawarkan banyak air terjun yang bisa kamu kunjungi. Desa ini berada di daratan tinggi dengan ketinggian desa tersebut mencapai 1000 m di atas permukaan laut. Selain menawarkan destinasi wisata air terjun, desa ini juga tak luput dari pemandangan alam yang indah di sektor pariwisata lain seperti perbukitan, persawahan dan tebing-tebing tinggi.

rgbstock.com

Rute Perjalanan

Jika kamu ingin datang ke desa ini, waktu tempuh untuk sampai ke desa wisata ini sekitar 20 menit menggunakan motor jika ditempuh dari Singasari dengan jarak sekitar 11 Km. Jika kamu dari Bandara Ngurah Rai Bali, waktu tempuh untuk sampai ke desa ini adalah sekitar 2,5 jam perjalanan dengan jarak sekitar 90 Km.

Destinasi Wisata di Air Terjun di Desa Sambangan

Ada banyak destinasi wisata air terjun di desa Sambangan ini. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Air Terjun Cemara

Salah satu air terjun yang ada di desa ini adalah air terjun Cemara. Air Terjun Cemara ini memiliki ketinggian sekitar 25 Meter dengan lebarnya kurang lebih mencapai 6 Meter. Air terjun ini memilik debit air yang cukup tinggi.

Mitos yang beredar di masyarakat sekitar desa tersebut adalah jika mengunjungi air terjun cemara tersebut bersama dengan pasangan, maka bisa membuat hubungan pasangan kekasih tersebut akan menjadi langgeng.

Dan terlepas dari benar atau tidaknya mitos tersebut, air terjun cemara wajib kamu kunjungi ketika berada di desa wisata tersebut. Karena air terjun cemara menawarkan pemandangan yang indah serta kamu bisa merasakan suasana yang menyejukan dan cocok juga dijadikan sebagai spot foto untuk kamu posting di media sosial instagram agar kamu semakin eksis dan hits.

Untuk mencapai ke destinasi wisata air terjun Cemara, kamu harus melalui jalur berupa persawahan serta jalanan yang ekstrim dan licin. Kamu harus hati-hati ketika melakukan perjalanan menuju air terjun Cemara ini.

Dan setelah melalui perjalanan yang cukup sulit, semua akan terbayar dengan lunas ketika kamu menyaksikan keindahan luar biasa dari air terjun Cemara ini.

rgbstock.com

2. Air Terjun Kroya

Salah satu destinasi wisata air terjun di desa ini yang sudah cukup populer dikalangan wisatawan adalah Air Terjun Kroya. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 12 meter.

Di area air terjun tersebut, ada perosotan alami yang bisa kamu mainkan di air terjun Kroya tersebut. Perosotan tersebut tercipta dari alam sendiri tanpa ikut campur tangan dari manusia.

Selain perosotan, di air terjun Kroya ada juga tebing yang memiliki ketinggian sekitar 5 meter. Dari atas tebing tersebut kamu bisa melompat ke air yang ada ada di bawah.

3. Air Terjun Pucuk

Air terjun selanjutnya yang ada di desa Sambangan ini adalah air terjun Pucuk. Air terjun pucuk memiliki ketinggian sekitar 16 meter. Mata air di tempat tersebut berwarna biru serta sangat jernih.

Kamu akan merasakan udara yang sejuk, asri dan alami ketika berada di kawasan air terjun pucuk. Selain itu, kamu bisa melompat dari atas ketinggian 16 meter menuju ke sungai yang ada di bawah sana.

Jika kamu berani melakukan hal tersebut maka kamu akan merasakan sensasi yang sangat luar biasa, yaitu seperti terbang dan meluncur dari atas langit. Tentu hal tersebut akan memancing adrenalinmu. Dan jika kamu takut ketinggian, sebaiknya jangan melakukan hal tersebut. Demi keselamatanmu.

rgbstock.com

4. Air terjun Aling-Aling.

Destinasi wisata air terjun yang paling terkenal dari desa tersebut adalah Air terjun Aling-Aling. Jika kamu ingin mengunjungi air terjun tersebut, akses untuk sampai ke Air terjun Aling-Aling sangat mudah.

Air terjun Aling-Aling ini selain banyak dikunjungi wisatawan domestik, tak jarang juga para turis mancanegara datang dan tertarik ingin melihat keindahan air terjun ini. Air terjun Aling-Aling memiliki ketinggian sekitar 32 meter.

Di sekeliling Air terjun Aling-Aling ada banyak pepohonan dan tebing-tebing yang membuat semakin indah pesona dari Air terjun Aling-Aling ini.

Kamu bisa mengabadikan moment ketika berada di area Air terjun Aling-Aling ini, karena views yang dihadirkan oleh Air terjun Aling-Aling sangatlah indah dan menawan.

Nah, itulah beberapa destinasi wisata air terjun yang ada di sebuah desa kecil di Bali yang bernama desa Sambangan. Jika kamu ingin berencana berlibur ke Pulau Dewata Bali menggunakan agen tour, maka pilih paket wisata bali yang memiliki pilihan Air Terjun di Desa Sambangan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *