ACP (Alumunium Composite Panel) adalah salah satu material yang dipadukan dari plat aluminium dan juga composite. Jenis panel ini adalah panel datar yang terdiri dari beberapa bahan. Baik bahan non aluminium yang kemudian disatukan diantara 2 lembar aluminium. Lembaran tersebut juga nantinya bisa dilapisi menggunakan cat PVDF maupun bisa menggunakan polyster.

Sebelum Anda memilih aluminium composite ini yang akan digunakan, tentu akan jauh lebih baik apabila Anda mengetahui beberapa produk yang ada. Bahkan beberapa keunggulan serta aluminium ini juga sudah terbukti. Pemilihan aluminium composite ini juga nantinya bisa disesuaikan dengan penggunaan serta kebutuhan dari bangunan yang akan Anda bangun.

Mengenal Jenis ACP Menurut Lapisan Catnya

pixabay.com

Untuk pemilihan aluminium composite ini bisa disesuaikan dengan penggunaan serta kebutuhan bangunan Anda. Menurut jenis lapisan catnya, ada 2 jenis yang bisa Anda ketahui. Nah, kedua jenis tersebut diantaranya adalah:

  • PVDF maupun poly de fluoride seringkali diaplikasikan untuk digunakan eksterior pada bangunan. Jenis aluminium ini memiliki keunggulan tahan terhadap beberapa jenis cuaca. Hal inilah yang membuat warna dapat bertahan lebih lama meskipun terkena hujan dan juga panas. Untuk eksterior, PVDF jauh lebih direkomendasikan dibandingkan PE.
  • PE atau polyster adalah jenis yang banyak digunakan untuk interior sebelum bangunan. Jenis aluminium dengan tipe PE ini jauh lebih murah di pasaran karena memiliki kualitas yang jauh lebih tipis hanya menggunakan 1 kali lapisan.

Keunggulan Alumunium Composite Panel

Ada beberapa jasa laser cutting yang lebih memilih untuk menggunakan composite panel. Beberapa keunggulan yang bisa Anda dapatkan diantaranya sebagai berikut ini:

  • Memiliki daya tahan yang sangat tinggi terhadap air maupun panas dari cuaca yang ada.
  • Memiliki beberapa jenis warna serta tekstur.
  • Ringan, kuat dan juga tahan dengan karat.
  • Memiliki permukaan yang rata serta halus. Sehingga jauh lebih mudah untuk dibersihkan.
  • Mudah diaplikasikan dalam beberapa desain konsep yang modern.
  • Mudah untuk dibentuk, dilipat, dibor, serta dilengkungkan dengan menggunakan beberapa peralatan yang konvensional maupun peralatan sederhana yang lainnya.
  • Bahan intinya juga terbuat dari polytthylene sehingga lembaran-lemabrannya akan tahan terhadap api.

Aplikasi dari Alumunium Composite Panel

pixabay.com

Untuk beberapa aplikasi pada jenis ACP (Alumunium Composite Panel) ini diantaranya sebagai berikut ini:

  • Cladding luar ruangan yang ada dalam gedung bertingkat.
  • Penutup dinding yang ada pada interior rumah.
  • Façade serta langit-langit bangunan.
  • Tangga maupun escalator panel.
  • Papan reklame serta identitas perusahaan maupun billboards.

Harga dari Alumunium Composite Panel

Pada umumnya, beberapa perusahaan jasa laser cutting ini memutuskan untuk menjual dengan per lembarnya. Material dari aluminium ini juga tahan terhadap goresan serta benturan. Sehingga nantinya penggunaan ACP pada bangunan juga mampu untuk menghemat pengeluaran Anda bahkan dalam jangka yang panjang.

Harga dari aluminium ini juga sangat bervariasi bahkan didasarkan pada jenis, ketebalan serta panjang dari aluminium itu sendiri. Harga yang ditaksir maupun ditawarkan ini mulai dari 300 sampai dengan 600 ribu meter persegi. Bahkan harganya sendiri juga bisa sesuaikan dengan jumlah pembelian sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Ukuran dari Alumunium Composite Panel

Jenis aluminium ini diproduksi juga dalam ketebalan yang standar yaitu 4 mm. Akan tetapi, untuk decobond ini sendiri memiliki varian ukuran yang jauh lebih beragam yaitu 3 mm dan 2 mm. Sedangkan ukuran panjang serta lebar aluminium decobond dan alcotuff ini juga berbeda yaitu 1220 x 2440 mm. Sedangkan untuk lapisan aluminium di kedua sisinya bervariasi mulai dari 0,1 mm, 0,12 mm, 0,21 mm, 0,3 mm dan juga 0,5 mm.

Untuk bangunan yang memiliki tingkat dua sampai dengan empat lantai, cukup menggunakan aluminium dengan ketebalan 0,21 mm maupun 0,33 mm. Bahkan beban fisik baik angina dan hujan yang tidak terlalu besar sehingga ketebalan ini sangat aman untuk Anda pergunakan nantinya.

Untuk mendapatkan produk aluminium baik alcotuff dan juga decobond di cabang maupun distributor yang resmi. Anda juga bisa menemukan di sejumlah toko bangunan terdekat maupun di beberapa toko maupun aplikasi jual beli online. Jenis aluminium ini bahkan merupakan sebuah material yang dibutuhkan pada setiap konstruksi bangunan.

Baik yang digunakan untuk kepentingan pribadi maupun digunakan sebagai bangunan komersial. Produk luar biasa ini juga menawarkan solusi tak terhingga untuk para arsitek gedung dan pada Anda yang menginginkan penampilan baru pada gedung atau bangunan yang Anda miliki.

Demikianlah sejumlah informasi yang bisa Anda ketahui dari jenis aluminium yang sering digunakan oleh beberapa bangunan yang sering digunakan. Pastikan membelinya di toko yang resmi agar kualitas bangunan yang Anda inginkan ini bisa sesuai dengan harapan. Baik harganya, kualitas, ketahanannya, dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *