Di dalam dunia bisnis, istilah ISO bukanlah istilah asing dan sering terdengar oleh mereka yang terjun langsung di dunia bisnis. Jika Anda tidak hidup di lingkaran dunia bisnis, Anda mungkin belum mengenal ISO dengan baik. Selain ingin mengetahui apa itu ISO, Anda juga berkeinginan mencari tahu pentingnya sertifikat ISO di dalam dunia bisnis. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak ulasannya di bawah ini.

Pengertian ISO

Apa pentingnya sertifikat ISO?, alasan apa sertifikat ISO digunakan dan jenis ISO apa saja yang digunakan di dalam dunia bisnis? merupakan beberapa pertanyaan yang sering kali muncul ketika Anda membahas mengenai ISO. ISO atau International Organization for Standardization merupakan standar internasional yang ditetapkan pada sistem manajemen sehingga mutu organisasi dapat ditingkatkan. Sebuah perusahaan dapat mengukur kredibilitasnya guna meningkatkan mutu sistem manajemen melalui ISO. Bagi perusahaan yang memiliki sertifikat ISO, perusahaan tersebut memiliki kesempatan besar untuk memenangkan persaingan pasar bisnis. Hal tersebut dapat terjadi lantaran adanya jaminan akan jasa dan produk serta kepercayaan dari masyarakat akan brand yang dimiliki oleh perusahaan.

Alasan Mengapa Sertifikat ISO Sangat Penting Dalam Dunia Bisnis

Dilihat dari pengertian ISO yang telah disebutkan di atas, Anda dapat menilai bahwa sertifikat ISO memiliki peranan yang sangat penting bagi dunia bisnis. Dengan sertifikat ISO, perusahaan akan mendapatkan beberapa manfaat yang berdampak baik bagi perusahaan dan kinerja karyawan-karyawannya. Untuk mengetahui lebih lanjut akan manfaat dari sertifikat ISO, simak ulasannya di bawah ini:

  1. Dengan sertifikat ISO, kredibilitas perusahaan dapat ditingkatkan. Perusahaan yang menerapkan sistem manajemen bermutu dan sesuai dengan standar skala internasional dapat menjamin kredibilitas dari perusahaan yang menerapkannya. Dengan kata lain, perusahaan yang memiliki standar manajemen terbaik akan menghasilkan nilai positif yang berdampak pula bagi kepuasan pelanggan.
  2. Kepercayaan konsumen akan meningkat menjadi manfaat lainnya jika ISO diterapkan di dalam dunia bisnis. Kepuasan pelanggan akan meningkat ketika pelanggan percaya akan layanan dari perusahaan tertentu. Dengan kepercayaan yang mereka miliki terhadap perusahaan, pelanggan tersebut tak sungkan untuk menjadi pelanggan setia.
  3. Menghemat biaya. Apakah sertifikat SIO dapat menghemat biaya produktivitas? Jawabannya adalah iya. Perusahaan yang menerapkan standar ISO akan mengetahui situasi kinerja dari perusahaan yang dijalankan. Pengelola perusahaan nantinya dapat mengetahui apakah kinerja perusahaan menurun atau tidak. Secara tidak langsung, kondisi tersebut akan mencegah terjadinya pemborosan pada anggaran perusahaan yang berkaitan dengan produk buruk dan kinerja yang kurang baik.

Melalui standar ISO juga, perusahaan bisnis dapat mengoptimalkan kinerja para karyawannya. Perusahaan yang menetapkan standar ISO tertentu mengharuskan para karyawannya untuk menaati standar ISO tersebut. Melalui ISO, karyawan termotivasi untuk menjaga kualitas kerja, efisiensi dan produktifitas karyawan melalui standar ISO yang dibuat oleh perusahaan. Image perusahaan bahkan akan meningkat akibat keberadaan strandar ISO. Brand perusahaan dinilai lebih baik oleh mata dunia melalui standar ISO yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

Ragam Jenis ISO

Selain memiliki manfaat yang baik bagi perusahaan dan bisnis, ISO dibagi menjadi beberapa jenis dan ditetapkan oleh organisasi internasional. Jenis-jenis ISO tersebut bahkan telah banyak ditetapkan oleh perusahaan yang ada di Indonesia. Di bawah ini merupakan jenis-jenis ISO yang banyak digunakan oleh perusahaan yang berdiri di Indonesia:

1. ISO 9001

ISO 9001 merupakan salah satu jenis ISO yang paling banyak digunakan oleh perusahaan Indonesia. Hal tersebut dapat terjadi akibat karakteristik yang dimiliki oleh ISO 9001. Jika diperhatikan dengan baik, karakteristik ISO 9001 terfokus pada efektivitas manajemen yang bermutu.

2. ISO 14001

Merupakan standar sistem manajemen yang berkaitan dengan lingkungan. Di dalam ISO ini, ada beberapa aspek yang masuk ke dalamnya seperti penghematan bahan bakar, penghematan energi, pengelolaan limbah dan penghematan air.

3. ISO 22000

Merupakan sistem manajemen yang berkaitan dengan keamanan pangan. ISO 22000 biasanya diterapkan pada perusahaan yang bergerak di bidang minuman dan makanan. Dengan ISO 22000, perusahaan nantinya dapat melakukan kontrol secara internal dan rencana proses produk yang akan dibuat.

4. ISO TS 16949

ISO TS 16949 menjadi sistem manajemen yang tepat digunakan pada perusahaan yang bergerak di bidang otomotif. Melalui ISO tersebut, perusahaan dapat melakukan pengendalian rantai pemasok, tindakan pencegahan dan tindakan perbaikan secara berkelanjutan.

5. ISO/IEC 17025

ISO 28000 menjadi jenis ISO lainnya yang diterapkan oleh perusahaan bisnis di Indonesia. ISO tersebut sangat tepat diterapkan oleh perusahaan-perusahaan yang beresiko tinggi. Bank, hotel dan pertambangan menjadi dunia bisnis yang sesuai dengan menerapkan standar ISO 28000. ISO 5001 merupakan jenis ISO yang diterapkan pada manajemen energi sehingga perusahaan dapat meningkatkan kinerja dan efisiensi para karyawannya. Tidak hanya itu, ISO 5001 juga dapat mengatur sistem manajemen konsumsi energi. Jika Anda ingin mendirikan perusahaan yang berkaitan dengan aplikasi IT, ISP/IEC 27001 menjadi jenis ISO yang tepat untuk digunakan. ISO tersebut merupakan standar sistem manajemen untuk keamanan informasiĀ  atau ISMS ( Informasi Security Managemen System ).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *