Dalam dunia literasi kata resensi sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita bukan?

Apa yang dimaksud Resensi Buku?

Jika arti kata resensi itu sendiri adalah ulasan, maka Resensi Buku adalah ulasan dari sebuah buku. Di mana, ulasan tersebut berisi macam-macam dalam di sebuah buku.

 

Seperti membahas kekurangan sebuah buku, kelebihan buku, identitas buku, latar belakang penulis, gaya bahasa, dan lain sebagainya.

 

Resensi ini sangat mudah ditemukan sebenarnya. Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, materi resensi juga akan diajarkan. Dalam google peramban, resensi juga bisa ditemukan. Dalam koran atau majalah-majalah pun ada pula artikel yang menampilkan pembahasan resensi.

 

Meski pada dasarnya resensi membahas hal-hal yang ada pada buku, sebenarnya resensi juga memiliki tujuan sendiri, lho!

Manfaat Pembuatan Resensi Buku

Di antara tujuan resensi adalah untuk:

l. Mengetahui kelebihan dan kekurangan buku

Seperti halnya koreksi, dalam resensi buku juga dibahas kekurangan dan kelebihan buku tersebut. Mulai dari kekurangan daya tarik cover buku hingga kelebihan mengapa orang tertarik membeli buku tersebut.

 

Mengapa kekurangan dan kelebihan dalam resensi diperlukan? Supaya jika dalam resensi diketahui kekurangannya, maka penulis bisa memperbaiki kekurangannya. Lalu jika diketahui kelebihan dalam karyanya supaya penulis bisa terus memacu dan meningkatkan kreativitasnya sehingga berkembang.

2. Mengetahui Gaya Bahasa yang digunakan

Sebab gaya kepenulisan dalam sebuah buku harus sesuai dengan bahasa dan genre bukunya apakah bahasa yang digunakan di dalam buku mudah dipahami atau tidak.

3. Mengetahui latar belakang dibuatnya buku tersebut

Hal ini perlu dimasukan dalam resensi juga sebab terciptanya sebuah buku tak lepas dari latar belakang mengapa buku tersebut ditulis

4. Mengetahui Identitas Buku

Setiap buku pasti memiliki identitas dan identitas inilah yang menjadikan buku punya sumber yang jelas.

 

Sebenarnya, masih banyak pembahasan mengenai tujuan-tujuan resensi.

 

Nah, sobat! Kiranya itulah beberapa penjabaran mengenai pengertian Resensi buku dan beberapa tujuan dibuatnya resensi buku. Untuk lebih lengkap tentang manfaat, ciri-ciri, contoh, atau jenis-jenis resensi buku bisa kamu temukan di pembahasan berikutnya, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *