Kita sekarang sudah menikmati bahagianya hidup di negara merdeka. Meski banyak yang merasa hal ini tidaklah menyenangkan. Namun dibandingkan pada masa penjajahan maka sangat jauh hal yang bisa dirasakan. Penjajahan memang identik dengan kesengsaraan rakyat. Apalagi di indonesia yang mempunyai catatan sejarah dijajah oleh bangsa asing sampai lebih dari 350 tahun. Tentu berbagai macam hal buruk dalam bentuk penindasan orang tak bersalah sangat banyak terjadi.  Lalu apakah alasan bangsa indonesia memperjuangkan kemerdekaan. Hal tersebut merupakan pertanyaan yang ingin diketahui tentang terjadinya proses kemerdekaan di indonesia. Berikut adalah beberapa alasannya

Alasan memperjuangkan Kemerdekaan Bagi Bangsa Indonesia

Kemerdekaan merupakan hak segala bangsa. kalimat tadi mungkin sudah sering anda dengar dan ini memang fakta di sekuruh dunia. bentuk penjajahan merupakan hal yang dilarang dan harus dihapuskan demi kedamaian dunia. untuk itu indonesia berusaha untuk mencapai kemerdekaan. Namun motif utama yang paling banyak dirasakan rakyat indonesia pada saat tersebut adalah hidup sengsara.

Hampir tak ada kebebasan bagi mereka rakyat indonesia yang dijajah oleh bangsa asing. Hidup kekurangan, tidak ada pendidikan, dan harus bekerja paksa merupakan hal yang ingin segera di akhiri dengan memerdekakan negara indonesia. Lalu alasan kedua selain kebebasan adalah, bangsa indonesia sudah dinilai mampu untuk berdiri sendiri. Meski bangsa ini terdiri dari suku dan ras yang berbeda.

Kemerdekaan menjadi Kunci yang Mempersatukan Bangsa Indonesia

Namun mereka memiliki persamaan nasib karena penjajahan yang dialami. Ini membuat mereka mempunyai rasa yang sama dan mengesampingkan perbedaan yang mereka miliki. Dengan mengutamakan persatuan dari berbagai daaerah, ini merupakan modal penting untuk melakukan perlawanan dari penjajah dan mendapatkan kemerdekaan.

Alasan ketiga adalah, indonesia merupakan kaya akan sumber daya alam.negeri dengan tanah yang subur dan hasil alam melimpah ini tentu mempunyai modal yang penting untuk mencapai kemerdekaan. Dengan sumber daya alam yang melimpah dan dikuasai sendiri. Tentu rakyat indonesia bisa mersakan kebahagiaan dan terhindar dari nasib pahit dari hidup serba kekurangan karena penjajahan oleh bangsa asing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *