Di era berbasis digital seperti sekarang ini, terdapat banyak sekali keuntungan menggunakan aplikasi kasir. Terlebih lagi bagi Anda yang sedang membuka usaha sendiri, khususnya usaha dibidang retail atau pertokoan.

Bisnis retail memang membutuhkan pengolahan transaksi penjualan dalam jumlah banyak. Dan jika menggunakan software kasir online atau program point of sales (POS), semua pekerjaan tadi akan lebih mudah dilakukan. Selain itu pekerjaan akan menjadi ringan dan selesainya pun akan lebih cepat.

Banyak sekali istilah lain yang muncul dari program POS ini. Ada yang menyebutnya dengan software kasir, program kasir, program toko, aplikasi toko, kasir online, dan masih banyak lagi istililah-istilah lainnya. Namun apapun itu namanya, pada dasarnya kesemuanya masuk ke dalam program point of sales atau POS.

Beda POS Dan Mesin Kasir Atau Cash Register

Dari istilah POS ini, pertanyaan yang akan muncul selanjutnya adalah apakah POS ini sama ataukah berbeda dengan mesin kasir?

Mesin kasir atau cash register ini bisa dengan mudah Anda temukan di supermarket maupun hipermarket. Biasanya mesin kasir ini menggabungkan sistem laci otomatis dan pencetak struk.

Perbedan paling mendasar antara POS dengan cash register adalah untuk cash register umumnya tidak terlalu fleksibel. Selain itu cash register secara fitur bisa dikatakan kurang lengkap. Misalnya saja cash register rata-rata tidak dilengkapi dengan stok barang atau laporan lain. Berbeda dengan POS yang sudah dilengkapi dengan itu semua.

pxhere.com

Proses Transaksi Terekam Dengan Baik

Hal paling mendasar pada saat membuka tempat usaha baru adalah pencatatan keuangan haruslah jelas. Meskipun cukup banyak juga pebisnis yang kurang memperhatikan hal semacam ini. sehingga yang terjadi kemudian adalah pengeluaran dan pemasukan tidak tercatat dengan baik.

Padahal pencatatan keuangan memiliki efek langsung dengan target jangka pendek maupun jangka panjang. Banyak yang beralasan jika tidak memiliki waktu atau kurang kompeten dalam urusan ini. Atau banyak yang merasa malas jika pencatatan keuangan dilakukan secara manual atau semi manual.

Padahal dengan menggunakan program point of sales, segala jenis transaksi baik yang masuk dan yang keluar secara otomatis akan tercatat secara sistematis dan aman. Artinya setiap hari Anda dimungkinkan untuk mengecek transaksi penjualan. Dengan demikian, setiap bulannya Anda akan dimudahkan untuk melakukan review tentang apakah ada kemajuan ataukah tidak. Terutama dari sektor penjualan.

pxhere.com

Membantu Mengambil Keputusan

Bisa jadi pada saat awal-awal membangun bisnis, Anda belum terlalu membutuhkan sistem aplikasi seperti point of sales ini. Terlebih lagi dalam mengambil keputusan. Namun jika bisnis sudah berjalan kedepan sampai enam bulan, Anda dipastikan akan sangat butuh program semacam ini.

Pasalnya progam seperti halnya software kasir ini bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan ketika ingin mengambil sebuah keputusan terkait dengan kebijakan bisnis. Sederhananya di dalam software kasir ini tersedia berbagai data untuk dasar pengambilan sebuah keputusan.

Misalnya saja seperti ini, ternyata dalam satu bulan ini penjualan produk A meningkat tajam. Dengan demikian secara otomatis Anda harus memperbanyak stok barang tersebut. Artinya Anda harus menentukan mengurangi ongkos produk barang lainnya yang secara stok masih cukup melimpah.

Fitur Pada POS Bisa Dengan Mudah Diatur Sendiri

Salah satu keuntungan menggunakan aplikasi kasir lainnya adalah fiturnya bisa dengan mudah Anda tentukan sendiri. Maksudnya adalah Anda dibebaskan untuk mengatur sendiri fitur apa yang memang dibutuhkan.

Misalnya saja seperti ini, Anda ingin mengatur inventaris produk, bahan baku, serial number, hingga absensi pegawai. Dalam hal ini ada kemungkinan untuk mengurangi terlebih dahulu beberapa fitur yang memang belum dibutuhkan oleh tempat usaha Anda.

pxhere.com

Nilai Plus Untuk Branding Bisnis

Software kasir online ini juga bisa menjadi nilai plus untuk branding bisnis yang tengah Anda kelola. Apalagi di dalam sebuah bisnis, branding bisa dikatakan sebagai salah satu poin paling krusial yang harus dibangun.

Mungkin di lokasi tempat usaha Anda sudah ada beberapa bisnis sejenis dengan harga yang bersaing. Jika tempat bisnis Anda memiliki branding bagus, tentu saja para pelanggan akan memilih tempat Anda.

Pada dasarnya program seperti halnya aplikasi kasir ini fungsi utamanya adalah untuk memudahkan pelaku bisnis dalam hal manajemen pengelolaan tempat usaha. Dengan banyaknya keuntungan menggunakan aplikasi kasir yang ditawarkan, apakah Anda tidak tertarik untuk menggunakannya juga?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *