Memancing ikan merupakan jenis kegiatan yang bisa dilakukan oleh siapa saja dengan bermodalkan peralatan memancing dan tenaga. Biasanya memancing dilakukan saat waktu longgar atau saat akhir pekan sebagai solusi untuk melepas penat. Tak jarang pula mancing ikan dilakukan untuk memperoleh penghasilan tambahan dengan menjual ikan hasil pancingan tersebut.

Bagi anda yang berminat ingin memancing ikan tetapi belum pernah melakukan sebelumnya maka anda perlu belajar mengenai teknik memancing yang tepat. Selain itu persiapkan peralatan dengan lengkap dan sebaik mungkin untuk menunjang kegiatan mancing agar memperoleh hasil yang memuaskan. Berikut ini akan dijelaskan beberapa peralatan yang harus dipersiapkan sebelum memacing ikan yang perlu diketahui oleh pemula.

  1. Tackle Box
    Peralatan yang satu ini adalah kotak penting yang digunakan untuk menyimpan berbagai keperluan saat memancing seperti kail, umpan dan lain sebagainya. Bagi pemula sangat penting mempunyai tackle box ini supaya menancing lebih simple dan membuat peralatan atau barang memancing lebih rapi.
  2. Joran
    Peralatan berikutnya yang harus dipersiapkan adalah joran. Dimana joran adalah alat mancing yang digunakan agar mempermudah saat memegang pancingan. Secara lebih jelasnya, joran berfungsi untuk menarik serta mengulurkan senar dan menjadikan kail pancing bisa melesat jauh saat dilemparkan ke air.
  3. Senar
    Benda yang satu ini memiliki fungsi yang sangat penting saat memancing karena bisa menghubungkan semua peralatan seperti pancingan dan kail lalu ditaruh umpan. Senar juga mempunyai beragam fungsi dan jenis sehingga bisa anda pilih sesuai kebutuhan. Dimana jenis senar dan fungsinya bisa anda pilih sesuai dengan jenis atau ukuran ikan yang akan dipancing.
  4. Umpan
    Bagi pemula yang baru belajar memancing maka jangan sampai lupa untuk membawa umpan. Karena umpan tersebut berfungsi untuk menarik ikan yang ingin dipancing agar memakan kail yang sudah dipasangi umpan. Jenis umpan yang bisa dipergunakan adalah umpan segar seperti cumi-cumi, cacing, ulat sutra dan lain-lain. Tetapi umpan juga tidak harus selalu berupa makanan namun bisa juga berupa replikasi ikan kecil.

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa peralatan yang perlu dipersiapkan sebelum mancing ikan bagi pemula. Dengan mempersiapkan peralatan sebaik mungkin maka anda bisa belajar memancing dengan cara yang benar dan memudahkan mendapat hasil pancingan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *