Aplikasi e-commerce saat ini semakin hari semakin menjamur dan banyak jumlahnya, hal ini sepadan dengan kebutuhan masyarakat akan belanja melalui sistem online. Masyarakat dewasa ini telah banyak berubah kebiasaannya. Salah satu kebiasaan masyarakat yang berubah signifikan akhir-akhir ini adalah dalam hal berbelanja tidak lagi harus ke toko namun dengan belanja melalui online.

Dengan begitu maka semakin membuka peluang untuk membuka Bisnis online bagi siapapun dengan menggunakan fasilitas dari e-commerce ini. salah satau e-commerce yang cukup besar di Indonesia adalah Blibli, e-comerce ini menyediakan berbagai macam kebutuhan yang di perjual belikan melalui online via blibli. Buat anda yang ingin berjualan menggunakan blibli maka berikut beberapa hal yang perlu di perhatikan.

Daftar dan isi formulir

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan mendaftar menjadi calon penjual. Caranya adalah dengan masuk ke website resmi di www.blibli.com selanjutnya masuk ke menu merchant corner dan pilih daftar sekarang.

Disini anda akan di minta untuk mengisi biodata lengkap anda mulai dari nama, alamat, tempat tanggal lahir, nomor KTP, email, unggah ID dan username serta password. Jangan lupa untuk mengisinya dengan lengkap dan benar, jika anda sudah yakin biodata yang anda masukan telah lengkap dan benar maka klik selanjutnya yang akan memuat informasi tentang toko anda.

Membuat toko

Pada form ini anda akan diperintahkan untuk mengisi nama toko dan informasi toko yang nantinya akan menjadi toko online tempat anda menjual barang-barang anda di website www.blibli.com nantinya. Setelah anda selesai mengisi biodata, anda di minta untuk mengisi informasi tentang toko yang akan anda kelola untuk berjualan di blibli.com ini.

Masukan informasi yang di perlukan sesuai kolom yang di sediakan seperti nama toko, alamat toko lengkap mulai dari RT/RW, kelurahan, kecamatan, kabupaten hingga Negara semua harus di isi lengkap. Setelah semuanya sudah lengkap maka klik tombol selanjutnya. Setelah itu anda akan di perintahkan untuk mengisi nomor rekening yang akan digunakan untuk transaksi pada blibli.com ini, masukan nomor rekening dengan benar selanjutnya klik berikutnya.

Pada halaman berikutnya anda akan di berikan informasi mengenai perjanjian dan komisi antara anda calon penjual dengan pihak blibli. Pahami dengan cermat isi perjanjian tersebut, jika anda sudah memahami dan menyanggupi semua syarat dan ketentuannya kemudian klik setuju. Tunggu hingga beberapa saat hingga formulir pendaftaran terkirim. Setelah formulir pendaftaran terkirim maka tunggu 3 sampai 7 hari kerja, tunggu hingga tim dari blibli menghubungi anda apakah diterima atau tidak.

Upload produk

Setelah anda dihubungi oleh pihak blibli dan dinyatakan pendaftaran anda berhasil, maka anda telah resmi menjadi seller di blibli.com akan tetapi anda harus menunggu hingga 3 hari kerja baru toko anda bisa di gunakan untuk transaksi.

Setelah melewati masa 3 hari tersebut maka toko anda sudah aktif sepenuhnya dan bisa di gunakan untuk mulai berjualan dan bertransaksi. Anda sudah bisa mengganti foto profil toko anda, kemudian anda juga sudah bisa mengupload semua produk yang anda jual sebanyak mungkin tanpa ada batasan.

Pada tahap ini, lengkapi katalog anda selengkap mungkin agar konsumen dapat meilhat-lihat dan memilih milih semua produk yang anda jual di toko anda. jangan lupa untuk selalu mengupdate harga dan produk yang anda jual, usahakan untuk selalu mendiskripsikan produk sesuai dengan barang yang anda jual.

Jangan melebih-lebihkan karena jika barang yang anda jual telah di beli oleh konsumen dan telah sampai di tangan konsumen namun ternyata tidak sesuai dengan deskripsi, maka anda bisa di laporkan oleh konsumen ke pihak blibli.com dan pihak blibi.com akan mengkonfirmasinya. Jika benar maka toko anda akan di non aktifkan dan anda tidak bisa berjualan lagi di blibli.com ini.

Respon pesanan

Jika anda telah upload semua produk, update harga, update produk maka selanjutnya adalah menunggu pesanan yang masuk dari konsumen. Biasanya jika ada pesanan yang masuk, anda akan di beritahu melalui email atau SMS yang terkirim dari pihak blibli yang berisi nomor pesanan, jumlah pesanan dan nominal pesanan.

Jika anda sudah mendapat pesanan, maka waktunya anda untuk packing atau mengemas barang yang di beli oleh konsumen sesuai pesanan tadi untuk kemudian dikirim melalui jasa ekspedisi ke alamat pembeli yang tertera. Sebelum mengirim barang baiknya cek lagi dan Pastikan barang yang anda kirim sesuai dengan pesanan.

Terima pembayaran

Setelah anda mengirimkan barang ke pembeli maka tunggu hingga barang tersebut sampai ke tangan pembeli dan pembeli sudah mengecek barang tersebut. jika pembeli menyatakan oke dan barang tersebut sesuai maka pembeli akan mengkonfirmasi pesanan yang telah anda kirim.

Namun jika terjadi masalah maka konsumen akan complain untuk kondisi barang yang tidak sesuai dengan pesanan. Jika konsumen sudah oke dan pesanan sudah di konfirmasi maka uang pembayaran konsumen akan cair ke rekening penjual.

Demikianlah beberapa hal mengenai ulasan bagaimana cara berjualan melalui e-comerce blibli.com, semoga bermanfaat dan semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *