Amerika merupakan negara dengan jarak yang cukup jauh dari Indonesia. Apabila ada sanak keluarga yang tinggal di Amerika baik untuk bekerja, bersekolah, atau menetap disana kadang sulit jika harus berkirim barang.

Kirim barang ke luar negeri memiliki peraturan yang lebih rumit. Selain karena lokasinya yang jauh untuk ditempuh, peraturan dan regulasi di luar negeri berbeda dengan Indonesia sehingga perlu menyesuaikan. Jika kamu ingin mengirim barang ke luar negeri, salah satunya Amerika, artikel ini akan membahas tentang serba-serbi kirim barang ke Amerika.

Kirim Barang ke Amerika

Negara yang menjadi tujuan pengiriman paket di Amerika paling banyak yaitu USA dan Canada. Kedua negara tersebut banyak dicari oleh para pengirim paket baik dari toko online, pengusaha, UKM, maupun perseorangan. Negara tersebut menjadi market besar dengan daya beli yang besar. Selain itu, banyak Warga Negara Indonesia yang tinggal disana baik untuk bersekolah maupun bekerja.

Sebelum kamu kirim barang ke Amerika, kamu perlu untuk memahami beberapa hal berikut ini.

1.       Jalur pengiriman

Pengiriman barang menggunakan Freight dispatch service agency dari Indonesia ke Amerika bisa melalui jalur laut dan udara. Pengiriman barang yang menggunakan jalur laut (kapal) biasanya adalah barang-barang besar dengan jumlah yang banyak. Pengiriman barang melalui jalur laut ada minimal kubikasinya. Biasanya ekspedisi menetapkan pengiriman kurang dari satu container memiliki waktu kirim yang lebih lama dengan biaya yang lebih murah.

Pengiriman melalui jalur udara (pesawat) untuk mengirim barang yang tidak terlalu berat sampai yang ringan. Walaupun membutuhkan biaya yang lebih mahal, namun pengiriman melalui jalur udara memakan waktu yang lebih sebentar. Prosedur pengiriman jalur udara juga lebih mudah.

2.       Lama pengiriman barang

Waktu untuk mengirim barang dari Indonesia ke Amerika tergantung pada ekspedisi yang digunakan. Lama waktu pengiriman rata-rata 4-10 hari, bisa lebih cepat atau lambat tergantung layanan dari ekspedisi yang digunakan

3.       Kategori barang

Pengiriman barang ke luar negeri bisa dikenai pajak, bisa juga tidak, tergantung pada kebijakan Bea Cukai di negara tujuan, jenis, dan nilai barang yang dikirim, serta tujuan pengiriman barang untuk apa.

 

Misalnya jika mengirim barang dengan nilai barang yang kecil dan tujuan pengirimannya sebagai hadiah, sampel, atau keperluan pribadi maka tidak dikenakan pajak. Pemerintah Indonesia tidak memberikan pajak pada barang yang dikirim ke luar negeri, jadi yang memberikan pajak adalah negara penerima (Amerika).

4.       Cara kirim barang ke Amerika

  • Barang yang dikirim bukanlah barang yang terlarang dan berbahaya, misalnya senjata api, senjata tajam, narkoba, obat-obatan terlarang, dan zat kimia berbahaya.
  • Menentukan ekspedisi pengiriman ke Amerika. Pastikan kamu memilih ekspedisi yang sudah terpercaya dan berpengalaman agar barang sampai tujuan dengan aman.
  • Memberikan informasi terkait barang yang akan dikirim, mulai dari jenis barang, nilai barang, tujuan pengiriman untuk apa, lokasi penerima yang lengkap dan jelas, dan lainnya.
  • Mencari informasi tentang tarif pengiriman paket pada ekspedisi yang akan dipilih.
  • Melakukan packaging dengan baik dan dilakukan seaman mungkin agar barang tidak rusak ketika proses pengiriman.
  • Menyerahkan barang yang akan dikirim ke ekspedisi.
  • Meminta resi pengiriman dan tracking number pada barang yang dikirim untuk melacak pergerakan barang.

5.       Ekspedisi pengiriman barang ke Amerika

·     DHL

DHL akan memberikan panduan untuk melakukan pengiriman barang ke Amerika dan memberikan tips mudah waybills. DHL juga bisa untuk pengiriman ke daerah terpencil dan bisa menangani pengiriman barang berbahaya yang masih bisa dikirim pada kondisi tertentu sesuai dengan peraturan penerbangan internasional.

·     FedEx

FedEx akan memberikan diskon 40% dari tarif pengiriman bagi kamu yang mendaftar akun baru secara online sehingga biaya pengiriman menjadi lebih murah. FedEx juga menyediakan FedEx mobile untuk mempermudah kamu.

·     TNT

Pengiriman barang ke Amerika menggunakan TNT bisa menentukan kecepatan pengiriman yang diinginkan untuk mengendalikan biaya dan tenggat waktu pengiriman. Kamu juga bisa memilih layanan yang sesuai dengan kebutuhanmu. Semua pengiriman barang menggunakan TNT harus disertai dengan faktur komersial.

·     UPS

UPS merupakan ekspedisi pengiriman barang yang bermarkas di Amerika. UPS memberikan kemudahan dalam melakukan pengiriman barang ke Amerika. UPS juga memberikan diskon bagi pengirim pada pengiriman kedua dan selanjutnya.

·     EMS

EMS merupakan bagian dari Pos Indonesia yang melakukan pengiriman barang ke luar negeri. EMS merupakan salah satu anggota dari postal organizations yang menyediakan layanan pengiriman global dengan kualitas yang baik.

·     JNE

JNE menyediakan layanan International Service. Layanan ini bisa mengirimkan barang ke Amerika dengan cepat, praktis, dan terjamin keamanannya. Pengiriman barang ke Amerika menggunakan layanan International Service memiliki ketentuan yang harus dipahami.

·     Tiki

Tiki merupakan salah satu penyedia layanan jasa pengiriman yang terkemuka di Indonesia. Tiki menyediakan layanan jasa pengiriman internasional dengan kemudahan yaitu adanya layanan jempol (Jemput online) yang tersedia gratis.

Itulah serba-serbi terkait kirim barang ke Amerika. Jika kamu hendak mengirim barang ke Amerika, kamu perlu untuk mempersiapkan semuanya dan mengikuti segala ketentuannya. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *