Saat ini banyak sekali video ceramah agama di Facebook yang bisa Anda nikmati. Mulai dari video live streaming hingga video ceramah agama yang dibuat secara khusus. Sebenarnya fenomena seperti ini bukan sesuatu yang mengejutkan.

Coba perhatikan di lingkungan sekitar Anda saja. Hampir dipastikan memiliki akun Facebook sendiri-sendiri. Dan hampir setiap hari mereka membuka media sosial yang satu ini. Artinya bisa diambil kesimpulan bahwa pengguna Facebook di Indonesia adalah salah satu yang terbesar di dunia.

Melihat fakta semacam itu, membuat Facebook dijadikan sebagai salah satu media ceramah agama yang cukup efektif. Banyak para da’i yang melakukan live streaming atau membuat video saat melakukan ceramah agama.

Jumlah Pengguna Facebook Di Dunia

Menurut laporan yang dikeluarkan oleh pihak Facebook, jumlah pengguna bulanan Facebook saat ini mencapai 2,45 miliar. Angka tersebut naik 1,65% dari 2,41 miliar pada kuartal kedua di tahun 2019 kemarin.

Sementara itu, jumlah pengguna aktif harian Facebook mencapai 1,62 miliar. Naik sebesar 2% dari 1,587 miliar pada kuartal kedua di tahun 2019. Dan kawasan Asia-Pasifik menjadi penyumbang terbesar jumlah pengguna Facebook dengan total 627 juta pengguna aktif harian.

Lalu berapa jumlah pengguna Facebook di Indonesia? Dalam sebuah laporan menyebutkan jika Indonesia menjadi negara keempat dengan pengguna Facebook terbanyak di dunia.

Pengguna Facebook di Indonesia mencapai 120 juta atau 44,94 % dari total populasi penduduk Indonesia. Sementara itu pada posisi pertama ditempati oleh India, posisi kedua Amerika Serikat, dan di posisi ketiga ada negara Brazil.

Melihat hal tersebut, tidak mengherankan jika banyak para penceramah yang memanfaatkan Facebook sebagai media ceramahnya. Bahkan untuk saat ini Anda bisa dengan mudah menemukan berbagai ceramah agama di Facebook.

Live Streaming Ceramah Agama Di Facebook Dengan Android

Untuk saat ini live streming Facebook sudah bisa dilakukan lewat smartphone berbasis Android. Lalu bagaimana caranya:

  1. Buka terlebih dahulu aplikasi Facebook yang ada di ponsel Android
  2. Setelah itu masuk ke kolom Apa yang Anda Pikirkan. Lalu klik opsi Siaran Langsung
  3. Kemudian pilih kamera yang akan digunakan untuk live streaming melalui ikon kamera yang terletak di bagian atas layar. Anda bisa memilih menggunakan kamera belakang atau depan.
  4. Undang teman Facebook dengan opsi Bring a Friend untuk memberi notifikasi ke teman yang Anda pilih
  5. Setelah itu pilih filter, bingkai, atau teks dengan mengklik ikon magic wand yang terletak di sebelah tombol Mulai Siaran Langsung
  6. Jangan sampai lupa untuk memilih juga siapa yang bisa menonton Live Streaming Anda. Caranya dengan mengklik tombol Kepada:…..yang ada di bagian kiri atas layar
  7. Selanjutnya klik Mulai Siaran Langsung untuk memulai Live Streaming. Dan jika ingin menghentikannya klik Selesai.

Live Streaming Ceramah Agama Di Facebook Dengan PC Atau Laptop

Selain menggunakan ponsel berbasis Android, Live Streaming ceramah agama di Facebook juga bisa Anda lakukan melalui PC atau Laptop. Caranya adalah seperti ini:

  1. Klik tiga titik putih horizontal yang ada pada kolom Apa yang Anda Pikirkan. Setelah itu klik opsi Siaran Langsung
  2. Setelah itu tambahkan detail mulai dari deskripsi hingga lokasi
  3. Akhiri dengan klik Mulai Siaran Langsung yang ada di bagian bawah kanan.

Cara Upload Video Di Facebook

Dan jika Anda ingin mengupload video ceramah agama di Facebook, langkahnya adalah seperti ini:

  1. Klik Apa yang Anda pikirkan sekarang? yang ada di bagian atas Kabar Beranda atau liminasi Facebook Anda. Setelah itu klik Foto/Video
  2. Kemudian tinggal pilih video yang ingin Anda upload lalu klik Selesai.
  3. Akhiri dengan klik Posting.

Download Video Di Facebook

Untuk Anda yang ingin mendownload video ceramah agama yang ada di Facebook, cara pertama yang bisa dipilih adalah dengan menggunakan aplikasi download video Facebook. Bebrapa aplikasi yang bisa Anda pilih seperti MyVideoDownloader for Facebook, Video Downlader for Facebook, FB Video Download, Video Downloader for Facebook by Rimal Capital, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sementara itu jika Anda menginginkan cara download video di facebook tanpa aplikasi, beberapa rekomendasi situs download video online yang bisa Anda pilih adalah DreDown.com, FBDwon.net, SaveFrom.net, dan lain sebagainya. Itulah beberapa cara yang bisa Anda pilih jika ingin download video ceramah agama di Facebook.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *