Jamu sebagai salah satu minuman tradisional Indonesia yang sampai sekarang masih saja eksis di mana-mana adalah jamu. Jamu dikenal sebagai minuman khas Indonesia yang memiliki beragam jenis khasiat di dalam beragam jenis jamunya. Jamu ini terbuat dari beragam bagian pada tanamanan, ada yang diambil dari daun, batang, dan juga umbi tanaman yang dipercaya sedari dahulu memang memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan.

Cara Membuat Jamu Kunyit Asam

Untuk membuat jamu kunyit asam cukup mudah, tapi rasa membuat jamu sendiri dan membelinya di tukang jamu mungkin saja akan berbeda, karena tukang jamu sudah terbiasa dalam membuat jamu kunyit asam.

  1. Persiapan Bahan-bahan

Untuk membuat jamu kunyit asam Anda perlu menyiapkan beberapa bahan seperti satu kg kunyit tua yang sudah dikupas bersih, seperempat kg asam tanpa biji, setengah kg gula jawa, lima biji jeruk nipis, garam dapur secukupnya dan air matang 20 gelas.

  1. Menyiapkan Alat yang akan Digunakan

Untuk membuat jamu kunyit asam Anda hasur menyiapkan alat-alat seperti saringan, parut, gelas, sendok, dan baskom.

  1. Cara Pembuatan

Ketika bahan dan alat sudah dipersiapkan Anda bisa langsung saja membuat jamu kunyit asam, pertama-tama parut seluruh kunyit yang tadi sudah dikupas sampai halus, setelah seluruh kunyit sudah terparut masukan dalam baskom dan tuang 17 gelas air kedalam parutan kunyit tadi, aduk-aduk dengan menggunakan tangan sambil di remas-remas agar sari dari kunyit dapat keluar.

Dilanjutkan dengan mencampurkan asam, gula dan 3 gelas air, aduk dengan menggunakan sendok, setelah teraduk rata tuang ke dalam adonan kunyit tadi, aduk dan remas kembali ramuan jamu kunyit ini, setelah semua tercampur tambahkan jeruk nipis dan juga garam agar rasa jamu kunyit asam ini semakin nikmat. Jika ramuan telah siap Anda bisa memerasnya dan menyaringnya agar ampas dan air terpisah, gunakan air sebagai jamu dan Anda bisa membuang ampasnya pada tempat yang tepat. Jamu siap diminimun.

Inilah cara membuat jamu kunyit asam, semoga cara membuat jamu kunyit asam ini dapat bermanfaat bagi Anda.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *