Seblak merupakan salah satu makanan khas Bnadung yang kini mulai menunjukan eksistensinya. Pasalnya, anak muda saat ini menyukai seblak karena sensasinya yang pedas. Seblak khas bandung ini awalnya hanya berbahan dasar kerupuk mentah yang diolah dengan cara direndam dengan air panas agar menjadi bantat.

Kerupuk yang sering digunakan untuk pembuatan seblak adalah kerupuk jenis kanji atau kerupuk bawang. Kerupuk yang satu ini memiki cari seperti berbentku bulatan kecil berwarna cokelat mengkilap. Hingga saat ini, berbagai variasi seblak hadir dengan tambahan telor, ceker, makaroni, mie, bakso dan lain sebagainya.

Seblak sendiri mempunyai 2 jenis seblak yaitu seblak kering dan juga seblak basah. Cara membuatnya juga sangat mudah. Untuk membuat seblak krupuk kering pedas bahan-bahan yang dibutuhkan adalah kerupuk bawang, bawang putih, bawang merah, cabe rawit, kencur dan minyak goreng karena prosesnya digoreng.

Adapun untuk membuat seblak kerupuk basah, maka kerupuk harus direndam dengan air panas terlebih dahulu. Hal itu dilakukan agar kerupuk bisa bertekstur lembek, tidak keras atau alot serta bumbu dapat meresap. Akan tetapi dibandingkan seblak kerupuk kering, seblak basah tidak bisa bertahan lama.

Cara Pembuatan Seblak Kerupuk

Cara membuat seblak kerupuk cukup mudah, yang pertama harus dilakukan adalah mengumpulkan bahan dan alat yang digunakan. Bahan-bahan yang dibutuhkan yaitu kerupuk kanji atau kerupuk bawang 50 g, telur ayam, daun bawang secukupnya, seledri, garam, kecap manis, cabe rawit, bawang merah, bawang putih dan kencur.

Langah pembuatan, sebagai berikut:

  1. Rendam kerupuk dengan menggunakan air panas
  2. Tumbuk cabe merah, bawang putih dan kencur hingga halus.
  3. Setelah itu, iris daun bawang dan seledri.
  4. Tumis bumbu yang sudah disediakan serta masukan irisan daun bawang beserta seledri.
  5. Masukan kerupuk dan tunggu beberapa menit
  6. Kemudian masukan telur yang sudah dikocok lalu aduk sampai telur seperti orak-arik
  7. Masukan air, garam dan penyedap rasa jika dibutuhkan.
  8. Tunggu beberapa saat kemudian setalah matang, tuang ke mangkuk dan seblak kerupuk siap untuk disajikan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *