Susu kedelai selain bisa dikonsumsi sendiri sebenarnya bisa menjadi peluang bisnis jika Anda bisa membuat susu kedelai sendiri. Cara membuatnya sangat mudah kok? Begini caranya:

Siapkan Semua Bahan

Langkah pertama yang harus Anda persiapkan tentunya adalah bahan-bahannya yang meliputi:

  • Biji kedelai ¼ kg
  • Gula 4 sdm
  • Air mineral 10 L
  • Daun pandan 3 lembar
  • Garam 1 sdt

Cuci Bersih Biji Kedelai dan Rendam di Air

Langkah selanjutnya adalah dengan mencuci bersih biji kedelai. Jika sudah Anda bisa langsung rendam ke dalam air kurang lebih selama 8 jam. Setelah itu Anda cuci kembali dan kemudian buanglah kulit biji kedelai tersebut.

Blender Biji Kedelai dan Saring Ampasnya

Ketika sudah dipastikan bersih semuanya maka Anda bisa coba blender dengan menggunakan 10 L air mineral. Kemudian ambil kain katun yang bersih untuk menyaring ampasnya sebelum pada akhirnya melakukan proses perebusan.

Rebus Susu Kedelai

Berikutnya Anda bisa mulai melakukan perebusan dengan api yang sedang. Agar wangi bisa memasukkan daun pandan dan masukkan juga gula. Lalu, Anda bisa sambil mengaduk secara terus menerus sampai pada akhirnya airnya mendidih.

Saring Kembali dan Susu Kedelai Siap Disajikan

Tahapan terakhir adalah dengan menyaring kembali susu kedelai setelah melakukan perebusan tadi. Gunakanlah kain katun yang bersih. Jika sudah selesai disaring maka susu kedelai siap untuk disajikan.

Itulah cara membuat susu kedelai yang sangat mudah dan bisa coba Anda lakukan di rumah. Susu kedelai yang banyak mengandung gizi dan vitamin penting untuk dikonsumsi. Jika Anda pebisnis maka bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan.