Di era modern ini media sosial sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Hampir setiap waktu masyarakat tidak bisa terlepas dari gadget dan media sosial. Salah satu media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat sekarang yaitu adalah facebook.

Sejak awal kemunculannya di tahun 2006 facebook menjadi media sosial favorit bagi masyarakat hal tersebut bisa dilihat dari jumlah pengguna facebook yang sampai sekarang ini telah mencapai 1 miliyar pengguna. Salah satu alasan mengapa banyak orang yang lebih suka menggunakan facebook adalah karena berbagai fitur unik yang dimiliki oleh facebook.

Di samping itu, penggunaan facebook juga memberikan banyak manfaat yaitu untuk bersosialisasi, berkomunikasi dan berinteraksi dengan jangkauan yang luas. Tetapi meskipun begitu ternyata facebook juga bisa mendatangkan dampak negatif sehingga tidak heran apabila banyak orang yang lebih memilih untuk menonaktifkan akun facebook mereka.

Dampak Negatif Dari Facebook

seperti yang kita tahu bahwa segala sesuatu pastinya akan selalu mendatangkan berbagai dampak positif dan juga dampak negatif. Begitu pula dengan facebook banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan facebook seperti mendapatkan berbagai informasi, terhubung dengan banyak orang, sebagai sarana hiburan, dan bisa juga digunakan sebagai sarana untuk pemasaran yang potensial.

pexels.com

Tetapi meskipun begitu ternyata facebook juga memiliki beberapa dampak negatif apabila kita tidak bijak dalam menggunakannya. Berikut ini adalah beberapa dampak negatif dari facebook apabila kita tidak bijak dalam menggunakannya antara lain yaitu sebagai berikut.

  1. Ketika kita mengupload sesuatu seperti gambar, status, foto atau vidio di facebook terkadang banyak orang yang tidak suka dan berkomentar miring pada status kita. Dan jika hal tersebut terus berlanjut maka bisa terjadi bulyying di media sosial. Banyak sekali kasus bulyying yang terjadi di facebook mulai dari dewasa, anak anak dan bahkan orang tua.
  2. Bagi anak yang menggunakan facebook dan tidak dalam pengawasan orang tua terkadang membuat mereka menjadi lupa waktu dan bisa mengganggu berbagai aktifitas lain dari anak tersebut. Sehingga anak tersebut bisa terganggu tumbuh kembangnya khususnya dalam hal sosialisasi di dunia nyata.
  3. Di media sosial facebook juga terdapat beberapa konten konten dewasa dan pornografi sehingga kamu harus lebih bijak dalam memilih tontonan. Pastikan bahwa anak anak ketika menggunakan facebook selalu berada pada pengawasan orang tua.
  4. Akun di retas oleh Hack FB juga bisa menjadi salah satu bahaya yang sering mengintai ketika menggunakan akun facebook. Ketika akun di retas oleh hacker maka akun facebook anda biasanya akan mengirim berbagai pesan yang tidak sopan kepada teman atau juga mengupload berbagai konten negatif.

Itu tadi beberapa dampak negatif yang sering mengintai apabila kamu tidak bijak dalam menggunakan facebook. Oleh sebab itu ketika menggunakan facebook harus dalam batas kewajaran dan pastinya untuk anak anak harus dalam pengawasan orang tua.

pexels.com

Cara Menonaktifkan Akun Facebook 

Berbagai dampak negatif dari penggunaan facebook tentunya bisa dihindari apabila kita lebih bijak dalam menggunakannya. Tetapi apabila kejadian seperti akun di rats oleh orang lain atau anak anda menjadi kecanduan media sosial facebook. Maka salah satu cara palijng efektif untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menonaktifkan akun facebook.

Bagi kamu yang belum begitu paham mengenai cara menonaktifkan facebook. Maka berikut ini akan kita bagikan bagimana cara menonaktifkan facebook dengan mudah dan cepat.

  1. Untuk bisa memulai proses menonaktifkan maka pertama tama kamu harus masuk atau log in ke akun facebook kamu.
  2. Setelah proses log in berhasil dilakukan, klik tombol navigasi dibagian kanan atas yang berbentuk seperti segitiga terbalik nanti akan muncul drop down pilihan.
  3. Setelah drop down muncul maka pilihlah pada bagian pengaturan atau setting.
  4. Di laman selanjutnya klik pada bagian link keamanan sehingga akan muncul laman baru, selanjutnya klik teks menonaktifkan akun anda.
  5. Selanjutnya kamu akan diminta untuk memasukkan password facebook untuk proses konfirmasi. Masukkan password pada kolom yang sudah di sediakan lalu klik pada bagian lanjutkan.
  6. Setelah proses tersebut selesai dilakukan maka facebook akan mengkonfirmasi permintaan kamu untuk menonaktifkan akun facebook kamu.
  7. Jika kamu ingin menonaktifkan akun facebook sementara waktu maka klik pada bagian ini hanya sementara. Saya akan kembali.
pexels.com

Tentunya beberapa cara tersebut sangat mudah untuk dilakukan oleh setiap orang. Perlu di ingat bahwa ketika mengisi berbagai data maka pastikan bahwa kamu mengisi dengan teliti dan pastikan bahwa tidak ada yang salah. Beberapa konsekuensi yang akan kamu dapat apabila menonaktifkan akun facebook adalah kamu tidak bisa mengakses akun facebook selama masa non aktif

Selain itu, teman teman kamu juga tidak bisa melihat lini masa kamu dan tidak akan menemukan akun kamu di kolom pencarian. Tetapi setelah kamu mengaktifkan kembali akun tersebut maka kamu bisa melakukan berbagai aktifitas di akun facebook kamu sama seperti sebelum dinonaktifkan. Demikian itu tadi beberapa ulasan mengnai cara menonaktifkan facebook pastikan bahwa sebelum menonaktifkan kamu memikirkannya matang matang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *