Gitar adalah salah satu instrumen musik yang populer dan mampu digunakan untuk memainkan semua lagu. Ketika kamu memainkan gitar, atau ketika kamu membeli sebuah gitar yang baru, maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menyetem gitar tersebut. Karena ketika gitar tidak di stem, maka suara yang keluar dari gitar tersebut akan fals dan sumbang di dengar.

Stem gitar bisa di lakukan dengan cara manual, yaitu dengan menyamakan nada di setiap senar dengan tanpa bantuan alat. Dan cara lain adalah dengan bantuan aplikasi tunes gitar. Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai cara melakukan stem gitar. Simak ulasan artikel yang ada di bawah ini.

Cara Stem Gitar Manual

Cara pertama yang akan kami berikan mengenai stem gitar adalah dengan manual. Cara manual untuk stem gitar sebenarnya mudah, namun tidak begitu gampang. Maksudnya? Begini, ketika kamu ingin menyetem gitar, yang kamu butuhkan adalah kepekaan telinga kamu dalam menentukan nada dari gitar tersebut.

Bagi pemula, tentu menyetem gitar secara manual adalah hal yang sulit. Karena telinga mereka belum peka terhadap nada yang mereka bunyikan. Bahkan untuk mengetahui nada apa yang berbunyi, barangkali mereka tidak tahu. Namun tenang, semua pasti akan bisa seiring dengan giatnya belajar gitar. Tak perlu berlama-lama lagi, berikut ini adalah cara melakukan stem gitar secara manual.

pexels.com

1. Senar 1

Tentu paling pertama adalah kamu melakukan stem gitar manual pada senar 1. Senar satu dalam standar tunes adalah memiliki nada E. Kamu bisa menggunakan piano tunes untuk menyamakan nada di senar satu dengan yang berbunyi di piano tunes. Lalu, apabila tidak punya piaon tunes bagaimana?

Pertama kamu harus memposisikan senar satu sejajar dengan jari mu. Pastikan terlebih dahulu hal itu. Kamu hanya perlu memutar bagian pengencang dari gitar tersebut. Yang perlu kamu pastikan adalah suara yang di hasilkan senar 1 enak di dengar dan jangan terlalu kendor juga jangan terlalu keras. Karena senar 1 ini biasanya menjadi senar yang mudah putus.

2. Senar 2

Hal berikutnya yang perlu kamu lakukan untuk menyetem gitar adalah pada bagian senar 2. Senar kedua tersebut kamu tekan pada bagian fred nomer 5. Kamu bisa hitung dari fred pertama sampai fred ke lima dan pada fred kelima tersebut kamu tekan. Biasanya, pada gitar akustik di bagian fred lima terdapat tanda titik. Nah, kamu tekan pada fred lima tersebut.

Setelah itu, langkah selanjutnya yang kamu lakukan adalah memetik senar nomer 2 dan senar nomer 1 open string atau tidak menekan fred manapun. Telinga kamu gunakan untuk mendengarkan dengan baik-baik. Kamu kencangkan atau kendorkan senar nomer 2 dan bunyikan juga apakah antara suara dari senar 1 dan 2 sudah selaras atau belum.

pexels.com

3. Senar 3

Berikutnya kamu lakukan stem pada senar nomer tiga. Pada senar nomer tiga, kamu tekan pada bagian fred ke 4. Kamu petik senar tiga pada fred 4 dan bersamaan dengan itu pula kamu petik senar nomer dua. Kamu juga bisa mengencangkan atau mengendurkan senar nomer tiga tersebut akan bisa menghasilkan bunyi yang selaras dengan senar nomer 2.

4. Senar 4

Hal selanjutnya adalah kamu melakukan stem gitar pada senar nomer 4. Kamu tekan senar empat pada fred ke 5 dan petik senar tersebut secara bersamaan dengan senar 3 open string. Pastikan antara keduanya menghasilkan nada yang selaras ketika di petik secara bersamaan. Sama seperti step yang lain, kamu bisa kencangkan atau kendorkan senar 4 dan juga senar 3.

5. Senar 5

Berikutnya adalah melakukan stem gitar pada senar nomer 5. Kamu tekan senar lima tersebut pada fred ke 5. Petik senar 5 tersebut secara bersamaan dengan senar nomer 4 open string. Kamu bisa terus kencangkan atau kendorkan senar nomer 5 tersebut agar bisa menghasilkan nada yang selaras dengan senar nomer 4.

pexels.com

6. Senar 6

Terakhir adalah senar nomer 6 yang harus kamu stem. Kamu tekan senar nomer 6 tersebut pada fred ke 5. Petik secara bersamaan dengan senar nomer 5 open string. Kendurkan atau kencangkan senar nomer 6 sampai menghasilkan nada yang selaras dengan senar nomer 5 ketika kamu petik.

Cara Stem Gitar Otomatis

Cara berikutnya adalah kamu melakukan stem gitar secara otomatis dengan menggunakan bantuan aplikasi gitar tunes. Ada banyak sekali aplikasi gitar tunes yang bisa kamu unduh baik itu di appstore maupun google playstore. Setelah kamu unduh dan instal, berikutnya kamu jalankan aplikasi tersebut.

Pada bagian gambar gitar lengkap dengan tunes kunci gitar, kamu pilih senar nomer 6 terlebih dahulu. Kemudian kamu petik senar 6 dan sembari kamu kencangkan atau kendorkan senar 6 tersebut agar bisa selaras suaranya dan di bagian layar ponsel angka yang berputar sudah pas. Hal yang sama juga kamu lakukan pada senar nomer 5, senar 4, senar 3, senar 2 dan senar 1.

Nah itulah ulasan lengkap tentang cara stem gitar. Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *