Paru-paru basah merupakan sebuah penyakit pada jaringan paru-paru yang merupakan peradangan baik pada satu bagian atau bahkan kedua bagian paru-paru. Hal ini dapat terjadi karena adanya infeksi pada paru-paru. Paru-paru basah pada dasarnya merupakan istilah yang menggambarkan adanya peradangan pada paru-paru sehingga membentuk timbunan cairan pada paru-paru. Sebaiknya segera periksakan paru-paru jika mengalami beberapa ciri-ciri paru-paru basah. Ciri-ciri tersebut antara lain:

Ciri-ciri Paru-paru Basah

  1. Batuk kering
  2. Batuk yang disertai dahak berwarna
  3. Napas terasa sesak dan berat walaupun sedang beristirahat
  4. Terasa demam dan sering berkeringat
  5. Hilangnya nafsu makan
  6. Lelah dan lesu seperti tidak memiliki energi
  7. Sering mual dan muntah
  8. Jantung terasa berdebar
  9. Sakit kepala
  10. Detak jantung cepat

Beberapa ciri-ciri tersebut merupakan tanda dari penyakit paru-paru, salah satunya adalah paru-paru basah. Tentunya jika tanda-tanda tersebut sudah terasa sebaiknya segera untuk periksa ke dokter spesialis paru-paru agar mendapat diagnosa yang tepat. Diagnosa tersebut bertujuan untuk memilih langkah penanganan yang tepat sehingga penyakit tersebut busa diatasi dengan baik.

Ciri-ciri dari penyakit paru-paru basah memang bervariasi dan tidak harus semua dialami oleh pengidapnya. Penyebab dari penyakit yang satu ini juga sangat banyak mulai dari faktor usia, infeksi, dan juga kondisi dari orang yang mengidap penyakit tersebut. Masalah paru-paru memang sangatlah penting diperhatikan mengingat kualitas udara yang semakin buruk dan juga gaya hidup yang tidak sehat.

Cara Mengurangi Resiko Terkena Paru-Paru Basah

Untuk mengurangi resiko dari paru-paru basah sebaiknya hindari aktivitas seperti merokok karena tembakau akan mengurangi kemampuan sistem imun dari paru-paru. Gunakan juga masker agar terhindar dari polusi udara yang disebabkan akibat penggunaan kendaraan bermotor. Selain itu, konsumsi makanan yang sehat dan juga rutin belorahraga. Jika memang secara genetika kamu rentan terhadap penyakit ini, sebaiknya gunakan vaksin yang tepat.

Demikianlah artikel singkat mengenai ciri-ciri dari paru-paru basah. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kamu dalam mencari informasi lebih mendalam mengenai paru-paru. Selamat belajar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *