Permintaan terhadap buah pir memang terus meningkat dari waktu ke waktu, sehingga peluang bisnis buah pir memang cukup menjanjikan di Indonesia. Perlu anda ketahui bahwa budidaya buah pir sebetulnya membutuhkan iklim yang benar-benar sejuk supaya hasil panennya maksimal. Padahal buah ini jsutru berasal dari negara beriklim sedang seperti Eropa, Asia Timur dan Afrika Utara.

Buah pir yang dipaksakan untuk ditanam pada negara beriklim tropis panas maka hasilnya justru membuat buah pir tersebut berukuran kecil. Selain itu rasa buah tersebut juga tidak semanis buah pir yang biasanya dibudidayakan pada wilayah yang beriklim sedang. Meskipun begitu, ternyata buah pir masih bisa dibudidayakan di beberapa wilayah di Indonesia dengan iklim sedang. Dimana wilayah tersebut berlokasi pada ketinggian tertentu dan suhu hariannya tidak begitu panas.

Untuk menambah wawasan anda mengenai kota-kota  yang cocok dijadikan sebagai lokasi kebun buah pir di Indonesia maka berikut ini akan diberikan daftar-daftarnya.

  1. Berastagi
    Lokasi ini berada di dataran tinggi Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara. Kota ini berada di ketinggian 1.300 m dari permukaan laut sehingga iklim di Berastagi cenderung mempunyai udara yang sangat dingin. Selain itu wilayah ini berada diantara Gunung Sinabung dan Gunung Sibayah sehingga tanahnya sangat subuh dan cocok untuk perkebunan buah pir.
  2. Lembang
    Kota Lembang berada di Provinsi Jawa Barat dimana kota kecil ini memiliki udara yang sangat dingin dengan potensi perkebunan buah pir yang sangat bagus. Terlebih didukung oleh lokasi Lembang yang berada pada ketinggian 1.300-2.100 meter menjadikan kota ini sangat tepat dijadikan sebagai lokasi kebun buah pir.
  3. Bata Malang
    Kota Batu Malang dikenal sebagai destinasi wisata yang menarik di kawasan Jawa Timur. Selain itu kota kecil ini juga memiliki banyak lokasi perkebunan terutama kebun apel. Kota Batu berada pada ketinggian 1.200 meter sehingga menjadikan kota ini sangat cocok dijadikan sebagai lokasi kebun buah pir. Meskipun hasil perkebunan utama di Kota Batu adalah apel, namun dengan memvariasikan kebun buah pir maka bisa menambah penghasilan para petani saat harga apel menurun.

Demikianlah penjelasan mengenai daftar kota yang cocok dijadikan lokasi kebun buah pir di Indonesia. Melihat potensi dan peluang yang bagus dari perkebunan buah pir tentu anda tak boleh melewatkan kesempatan tersebut dengan mengembangkan perkebunan buah pir pada beberapa kota di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *