Surat Al Fatihah termasuk dalam surat pembukaan atau surat pertama di dalam Al – Quran. Surat Al Fatihah ini merupakan surah yang diturunkan di Mekah yang mana terdiri dari 7 ayat. Surat ini juga dijadikan sebagai salah satu surah yang diturunkan secara lengkap diantara surah – surah lainnya yang ada di dalam Al – Quran. Al Fatihah menjadi surah pembukaan karenak ketika pertama kali membuka al – quran maka akan menemukan surat ini dibagian depan. Surat ini menjadi salah satu surat yang mana selalu dibaca berulang – ulang kali ketika menjalankan shalat.

Fadhilah surat Al Fatihah yang merupakan surat pembukaan sangat penting untuk dipahami semua pemluk agama islam. Walaupun sering dibaca berulang kali nampaknya tidak semua paham mengenai keutamaan dari membaca surat ini. Sehingga perlu untuk dipahami kembali bahwa ada banyak ke istimewaan yang di dapatkan ketika membaca surat ini. Karena sebagai salah satu surat yang wajib dibaca sebagai bacaan shalat tentu semua sudah hafal dengan bacaan surat al fatihah.

pixabay.com

Makna Surat Fatihah

Surat Al Fatihah dianggap sebagai salah satu surat yang sangat penting ketika menjalankan shalat. Bahkan shalat yang telah ditunaikan dianggap tidak sah jika tidak membaca surah ini. Karena sangat penting untuk dibaca di setiap kali menunaikan shalat maka semakin banyak yang ingin mempelajari surat ini lebih dalam. Ketika menjalankan shalat maka akan membaca Doa Iftitah yang mana akan dilanjutkan dengan membaca Al Fatihah yang diakhiri dengan “amin”. Setelah itu akan dibacakan juga surat – surat pendek yang ada di dalam al – quran.

Amin yang diucapkan setelah membaca surat Al Fatihah ini biasanya dibaca setelah imam mengucapkannya dan dilanjutkan oleh para makmum untuk mengucapkannya. Biasanya pembacaan “Amin” cukup panjang yang mana para makmum harus mengikuti mengucapkannya karena ketika mengucapkan amin tersebut malaikat juga ikut mengucapkannya. Pembacaan surat Al Fatihah dan beberapa surat al – quran lainnya memang berbeda – beda. Ada yang melakukam pembacaan dengan suara yang keras dan ada juga yang melirihkan suaranya sehingga tidak terlalu terdengar oleh makmum.

Pembacaan tersebut tergantung dengan shalat yang tengah dijalankan. Seperti contoh dalam menunaikan shalat Sir seperti shalat Dzuhur dan Ashar yang mana pembacaan suratnya dilirihkan atau tanpa suara. Sedangkan untuk shalat lainnya seperti shalat Magrib, Subuh, dan Isya’ biasanya dilafalkan dengan keras sehingga para mukmim mampu mendengarkan dengan jelas. Fadhilah surat Al Fatihah cukup penting untuk diperhatikan oleh semua orang.

pixabay.com

Keuntamaan Membaca Surat Al Fatihah

Menjadi salah satu surat yang paling pertama kali dibaca ketika membuka al – quran maka membuat surat ini dihafalkan oleh semua orang. Bahkan dianggap sebagai salah satu surat yang penting membuat surat ini sering kali digunakan untuk membuka dan menutup segala sesuatu. Ada beberapa hal penting mengenai fadhilah surat Al Fatihah yang perlu untuk anda ketahui.

Al Fatihah mempunyai banyak ke istimewaan yang mana ketika membacanya bisa mendapatkan berbagai khasiat. Berbeda dengan surat – surat lainnya, Al Fatihah ini mempunyai beberapa keistimewaan seperti yang akan dipaparkan di bawah ini :

pixabay.com
  1. Ketika sering membaca surat ini maka nantinya kebaikan orang tersebut akan diterima oleh Allah SWT.
  2. Sering membaca surat Al Fatihah juga bisa dijadikan sebagai salah satu cara menghapuskan dosa – dosa yang ada semasa di dunia.
  3. Sering melafalkan surag Al Fatihah juga bisa membuat orang tersebut diselamatkan lidahnya dari api neraka yang tentu sangat panas.
  4. Membaca Al Fatihah juga bisa menyelamatkan diri dari murka nya Allah SWT.
  5. Sering membaca surat pertama ini juga bisa berjumpa dengan Allah SWT.
  6. Terbebas dari azab di kubur bisa dilakukan dengan rajin membaca surah Al Fatihah.
  7. Sering membaca surat Al Fatihah ini juga bisa menaikan drajat yang lebih tinggi ketika berada di surge dibandingkan dengan orang – orang yang tidak pernah membaca surah Al Fatihah.
  8. Surat Al Fatihah juga mempunyai khasiat sebagai salah satu cara membuat diri lebih aman dari segala sesuatu yang mengancam ketika dibaca sebelum tidur, namun tidak membebaskan diri dari kematian.
  9. Rumah atau hunian yang sering di bacakan surat Al Fatihah juga akan dilimpahkan berbagai kebaikan.
  10. Membaca surat Al Fatihah juga dianggap sebagai salah satu cara menyediakan emas di jalannya Allah SWT.
  11. Satu ayat dari surat ini juga bisa menutup pintu neraka. Sehingga sangat penting untuk dibaca secara berulang – ulang kali ketika shalat.
  12. Membaca surat ini dibarengkan dengan surat Kursi dan Al – Imran juga bisa membuat orang tersebut memdapatkan balasan di surge.

Banyaknya khasiat yang bisa didapatkan ketika membaca surat Al Fatihah ini tentu membuat surat ini sangat penting untuk dipelajari lebih dalam. Mempelajari berbagai surat – surat yang ada di dalam al quran juga sangat menguntungkan bagi anda terutama yang merupakan surat utama untuk dibaca. Itulah fadhilah dari surat Al Fatihah yang perlu diketahui semua orang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *