Ular anaconda adalah spesies ular paling besar di dunia, yang memanfaatkan berat tubuhnya untuk meremukkan mangsanya. Green Anaconda adalah spesies anaconda paling besar dengan bobot mencapai 250 kilo dan panjang 9 meter. Berikut ini akan diulas fakta menarik lain tentang anaconda.

Fakta Unik Ular Anaconda

Ada 4 Jenis Anaconda

Fakta unik pertama dari spesies ular besar ini adalah jenisnya yang terbagi menjadi 4 jenis. Ular yang paling sering dijumpai di hutan Amazon ini dibedakan jenisnya menjadi anaconda hijau, anaconda kuning, anaconda tutul dan anaconda bolivia.

Jago Berenang

Ular anaconda dikenal sebagai ular yang jago berenang, tidak heran kalau habitat aslinya adalah hutan dan sungai Amazon yang banyak airnya. Selain itu juga karena ular ini memiliki hidung dan mata yang berada pada bagian atas kepala, jadi memudahkannya untuk menyelam di air.

Memangsa Hewan yang Lebih Besar

Anaconda mampu melahap tubuh mangsanya yang ukurannya lebih besar dari ular tersebut. Bahkan ular ini juga tidak segan memangsa sesama predator. Setelah melahap buruannya, biasanya ular ini akan bersembunyi dan tidak makan berhari-hari.

Demikianlah fakta unik dari ular anaconda yang harus diketahui. Sayangnya ular ini ini sering diburu manusia, mungkin karena mobilitasnya yang lambat setelah menelan mangsanya yang besar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *