Telinga adalah organ tubuh yang sangat penting untuk kehidupan manusia, terutama gendang telinga. Apalagi telinga menjadi sumber yang dapat menangkap suara yang mengirimkan ke otak, tentunya karena telinga memiliki bagian bagian tersendiri. Mengingat gendang telinga sangat penting, harus dijaga agar tidak rusak karena menganggu proses kehidupan anda sehari-hari.

Fungsi Gendang Telinga

Gendang telinga sering disebut sebagai membran timpani yang memiliki bentuk lembaran bulat, tentunya memisahkan telinga luar dan telinga tengah. Pastinya satu telinga yang masih normal memiliki satu gendang telinga dengan ketebalan sekitar 0,1 mm dan diameter 8 sampai 10 mm. Berikut ada fungsi gendang telinga yang harus diketahui, diantaranya adalah:

  1. Untuk Fungsi Pendengaran

Fungsi gendang telinga yang pertama adalah untuk pendengaran, jika seseorang gendang telinganya bermasalah atau terjadi suatu penyakit, maka pendengarannya terganggu. Pasalnya saat gelombang suara menuju telinga, suara tersebut akan menimpa gendang telinga dengan cara membran akan bergetar diiringi kekuatan serangan getaran yang menjangkau ke tulang-tulang di telinga.

  1. Menghasilkan Getaran Khusus

Jangan salah loh, gendang telinga sangat peka terhadap suara apapun di sekitar. Untuk itulah gendang telinga mampu menghasilkan getaran khusus karena suara gelombang yang melewati saluran telinga akan mengenai gendang telinga, secara otomatis membuat gendang telinga bergetar yang memicu ossicles yang melewati telinga tengah yang akan diteruskan kekoklea di telinga bagian dalam.

  1. Berperan Sebagai Corong Untuk Menjangkau Telinga Tengah

Sejatinya, gendang telinga selalu membawa gelombang suara ke fragmen tulang yang ada di telinga tengah. Sementara semua jaringan tulang tersebut disebut sebagai ossicles yang berperan sebagai corong untuk menjangkau telinga tengah.

  1. Menjamin Kejernihan Suara

Perlu diketahui, gendang telinga memiliki ukuran mikro yang terdiri dari selaput tipis. Sementara selaput tipis tersebut secara khusus berada diantara kanal pendengaran luar bersama dengan telinga tengah, selain itu gendang telinga memiliki 3 lapisan sel penting untuk fungsinya.

Sejatinya, fungsi gendang telinga sangat penting agar aktifitas keseharian anda tidak terganggu. Untuk itulah kesehatan gendang telinga harus dijaga agar pendengaran tidak masalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *