Ikan Aligator atau ikan buaya memiliki moncong seperti buaya. Ikan Aligator bukanlah jenis ikan yang ramah ketika dipelihara. Meskipun termasuk ikan yang berbahaya, namun ikan tersebut termasuk salah satu jenis ikan yang banyak digemari.  Ikan ini terdari dari beberapa jenis. Namun, yang banyak diperjual belikan adalah jenis aligator gar dan florida gar

Jenis-jenis ikan Aligator Yang Harus Anda Ketahui

  1. Aligator Gar

Ikan Aligator jenis Gar adalah ikan aligator yang paling banyak dipelihara oleh para pehobi ikan hias eksotis baik pemula maupun yang sudah profesional. Ikan ini memiliki corak warna yang khas, dengan warna dasar silver dan disertai pola polkadot dari sisi ekor hingga kepala. Ikan dengan panjang 2,5 m dapat mencapai berat maksimal 100 kg.  Ikan ini memangsa ikan kecil, serangga, mamalia bahkan buaya yang berukuran kecil.

  1. Aligator Shortnose Gar

ikan ini memiliki moncong lebih pendek jika dibandingkan dengan jenis aligator pada umumnya. ciri-ciri ikan ini memiliki warna silver dan coklat, tidak memiliki pola seperti aligator gar. Ikan ini memiliki panjang maksimal 1,25 m dengan berat 40 kg. Jenis ikan ini biasa memangsa ikan-ikan kecil, serangga, berang-berang dan hewan lain yang ukurannya lebih kecil dari ukuran tubuhnya.

  1. Aligator Longnose Gar

Seperti namanya, ikan buaya ini memiliki bentuk moncong yang lebih panjang dan corak warna sisik yang cantik. Aligator Longnose gar ini memiliki corak dasar silver dengan pola bintik-bintik hitan yang membuatnya sangat unik. Ikan ini dapat mencapai umur maksimal 35 tahun dan bisa memiliki panjang hingga mencapai 1,5 m dengan berat maksimal hingga 50 kg.

  1. Aligator Spotted Gar

Jenis ini merupakan yang termahal. Sebab ikan ini sudah sangat langka dan susah untuk ditemukan karena sangat sulit sekali untuk dibudidayakan. Coraknya yang sangat khas, dengan warna dasar silver dan keemasan dan pola sisik bintik-bintik besar pada sisi tubuh. Ikan ini bisa bertahan hidup hingga usia 18 tahun dan panjang 1 meter dengan berat maksimal 30 kg.

  1. Florida Gar

Jenis Florida Gar hampir mirip dengan spotted gar. Bedanya ikan florida gar memiliki pola bintik-bintik hitam yang lebih kecil, dan sisik bagian perut berwarna putih kekuningan. Makanan ikan buaya jenis florida gar adalah kepiting, ikan, udang dan hewan yang lebih kecil dari tubuhnya. Jenis ini bisa memiliki panjang maksimal hingga 1,5 meter dan bobot mencapai 60 kg.

Itulah jenis-jenis ikan aligator, semoga dapat dijadikan referensi apabila anda hendak memelihara salah satunya. Jika anda memelihara jenis ikan ini, jaga baik-baik. Pastikan ikan aligator yang anda pelihara jangan sampai terlepas ke sungai, danau maupun perairan lain. Karena keagresifannya, ikan jenis ini dapat merusak ekosistem  alami di suatu tempat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *