Pernah dengar kan apa itu tentara nasional Indonesia angkatan laut? Iya TNI AL merupakan pasukan perang dan merupakan bagian dari TNI yang memiliki tugas atas operasi pertahanan NKRI di wilayah laut. Berdasarka catatan sejarah, TNI Angakatan Laut dibentuk pada September 1945 yang mana pada awalnya bernama Badan Keamanan Rakyat (BKR Laut).

Adapun struktur keorganisasiannya, TNI Angkatan Laut dibawah komando dari seorang Kepala Staf Angkatan Laut atau sering disebut KASAL. TNI Angakatan Laut ternyata juga dibagi lagi ke dalam 3 armada yang mana Armada I berpusat di Jakarta, Aramada II berpusat di Surabaya, dan Armada III berpusat di Sorong, dan ditambah satu lagi yakni Komando Lintas Laut Militer.

Tugas-tugas TNI Angakata Laut

Sebagai pasukan perang di Indonesia, tugas TNI AL pun juga telah diatur dalam undang-undang. Adapun tugas dari TNI AL yaitu sebagai berikut:

  • Menegakkan hukum serta ejaga keamanan wilayah laut yurisdiksi nasional sesuai dengan ketentuan hukum nasional dan juga hukum internasional yang sudah diratifikasi.
  • Melaksanakan tugas TNI di matra laut serta dibidang pertahanan.
  • Melaksanakan tugas diplomasi angakat laut untuk mendukung kebijakan politik luar negeri yang telah ditetapkan oleh pemerintah.
  • Melakasanakan tugas TNI dalam pembangunan dan juga pengembangan kekuatan matra laut.
  • Melaksanakan pemberdayaan di wilayah pertahanan laut.

Kekuatan Perang TNI Angkatan Laut

Sebagai Tentara Nasional Indonesia, TN memiliki kekuatan perang yang luar biasa. TNI AL memiliki kapal yang namanya selalu dimulai dengan nama KPRI (Kapal Perang Republik Indonesia). Selain KPRI, TNI AL juga memiliki beberapa kapal laut yang diberi nama KAL (Kapal Angakatan Laut). Setiap kapal dari TNI AL dipersenjatai dengan beberapa macam senjata yang disesuaikan dengan kelasnya seperti meriam, senapan mesin 127 mm, kanon, hingga peluru kendali. Kemduian TNI AL memiliki sekitar 68 ribu prajurit yang di dalamnya sekitar 18 ribu personel marinir, 1 ribu penerbangan personel AL. TNI AL juga memiliki beberapa kapal perang mulai dari jenis KPRI maupun KAL.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *