Sulawesi Barat merupakan salah satu provinsi dari negara Indonesia yang terletak dibagian utara wilayah Indonesia. Sulawesi Barat memiliki sebuah ibukota provinsi yang bernama Kota Mamuju. Iya mungkin nama dari Kota Mamuju sendiri sebelumnya masih belum banyak dikenal masyarakat Indonesia, namun terdengar kabar bahwa ternyata kota ini menjadi salah satu pilihan pemindahan Ibukota Negara Indonesia dari Jakarta. Kota ini memiliki keindahan yang luar biasa sehingga digadang-gadang menjadi salah satu pilihan pemindahan ibukota Indonesia.

Ibukota Provinsi Sulawesi Barat

Mamuju sendiri berada di Provinsi Sulawesi Barat yang tidak jauh dari Palu atau Makassar yang juga diklaim sebagai jembatan ekonomi antara Sulawesi Tengah dan Sulawesi Selatan. Daerah Mamuju merupakan daerah yang terdiri dari bentangan pesisir hinggga perbukitan yang memiliki suasana yang cukup tenang dan nyaman.

Mamuju memiliki penduduk sekitar 107 ribu Jiwa sedangkan Jakarta sendiri saat ini telah memiliki sekitar 9,9 juta jiwa. Tentunya dari sini kita bisa melihat bahwa Mamuju merupakan daerah yang bisa dikatakan belum padat penduduk. Untuk itu tak heran jika Mamuju merupakan daerah yang sangat tenang dan nyaman.

Keberagaman dan Perkembangan Kota Mamuju

Terdapat beberapa suku yang mendami daerah Mamuju yang diantaranya yaitu Mandar, Bugis, Makassar, Toraja, dan ada juga Suku Jawa yang juga turut mendiami wilayah ini. Dalam infrastrukturnya, Mamuju juga merupakan daerah yang cukup maju, hal ini terbukti dengan adanya Bandara yang bernama Bandara Tampang Padang. Selain Bandaranya, Mamuju juga memiliki pelabuhan yang biasanya melabuhkan kapal-kapal komersil mupu kapal-kapal miliki nelayan.

Kemudian Kota Mamuju juga terkenal memiliki Masjid Raya Mamuju yang begitu sejuk dengan pemandangan hijau yang indah di sekitar masjid. Meskipun daerah ini tergolong daerah terpencil, namun keindahan yang ditawarkan tentu sangat istimewa sehingga tak heran apabila daerah ini sempat menjadi salah satu pertimbangan pemindahan Ibukota.

Nah soal kuliner, Ibukota Provinsi Sulawesi Barat ini memiliki makanan khas yang bernama Jepa. Iya makanan khas ini merupakan makanan yang memiliki citarasa yang cukup lezat dan tak kalah dengan berbagai kuliner dari daerah lainnya. Iya pokoknya Ibukota Provinsi dari Sulawesi Barat ini memang memiliki berbagai daya tarik yang membuat pengunjungnya terasa nyaman disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *