Sakit perut bagian bawah bukanlah kondisi yang bisa disepelekan. Sebab tidak hanya menimbulkan sensasi kram dan rasa nyeri yang teramat. Tetapi bisa juga merupakan sebuah gejala dari masalah kesehatan tertentu. Munculnya nyeri pada perut bagian bawah ini sendiri bisa di sebabkan oleh banyak hal. Mulai dari gangguan pencernaan yang ringan hingga kondisi serius yang cukup membahayakan.

Berikut beberapa penyebab umum yang dapat memicu sakit perut di bagian bawah:

  1. Kram Menstruasi

Pada wanita, sakit pada perut bagian bawah biasanya dialami saat menstruasi. Kram menstruasi ini sebenarnya tidak butuh penanganan khusus namun perlu diwaspadai jika nyeri perut bagian bawah terasa tidak normal.

  1. Gangguan Pencernaan

Nyeri yang muncul di perut bagian bawah bisa juga menjadi pertanda adannya gangguan pencernaan. Mulai dari yang tergolong ringan dan bisa sembuh dengan sendirinya hingga taraf berat yang perlu penanganan khusus.

  1. Radang Panggul

Radang panggul merupakan penyakit yang mengacu pada infeksi di organ dalam wanita di sekitar panggul termasuk rahim. Kondisi ini biasanya menunjukkan gejala awal berupa nyeri di perut bagian bawah.

  1. Gangguan Ginjal

Penyakit yang berhubungan dengan ginjal bisa juga menyebabkan nyeri perut bagian bawah. Seperti penyakit batu ginjal atau infeksi ginjal yang paling umum menunjukkan gejala ini.

Itulah beberapa hal yang bisa menyebabkan sakit pada perut bagian bawah. Jika Anda mengalami kondisi ini, waspadai gejala lain yang menyertai terutama jika nyeri terasa berulang dan tidak kunjung pulih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *