Tahukah Anda? Sejak anak kadal baru menetas atau dilahirkan, mereka tidak pernah mendapatkan perawatan dari induknya. Mereka dituntut untuk berjuang hidup sendiri sejak keluar dari cangkang telur maupun setelah dilahirkan oleh induknya. Bahkan pada spesies kadal ovipar, telur kadal sudah ditinggalkan sebelum menetas dan kadal muda harus menemukan jalan keluar sendiri dari dalam telur.

Seperti yang telah kita ketahui, kadal memiliki dua cara untuk berkembangbiak yaitu ovipar dan ovovivipar. Ketika kadal muda lahir, mereka akan tumbuh dan berkembang di atas tanah atau terestrial. Dengan cara tinggal bermacam-macam, seperti menyusup di dalam pasir atau tanah gembur atau berkeliaran di atas pepohonan.

Untuk kelangsungan hidupnya menuju fase dewasa, kadal muda akan mencari sendiri makanannya. Biasanya mereka memakan buah-buahan, serangga kecil hingga mamalia kecil dan reptile lainnya. Selain itu, kadal muda juga akan berespirasi untuk menjaganya tetap hidup dan berkembang dengan sistem pernapasan menggunakan paru-paru dan kulit sebagai organ pernapasannya. Kulit kadal yang bersisik bukan karena dijadikan sebagai pertukaran gas melainkan adaptasi terhadap udara kering.

Meski ditinggal oleh induknya tanpa ada perawatan, anak kadal secara naluriah tahu bagaimana untuk berjuang sendiri. Sehingga mereka bisa secara mandiri memenuhi kebutuhannya sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *