Melakukan perjalanan ke luar kota perlu dipersiapkan dengan baik, apalagi jika memakan waktu cukupĀ  lama. Untuk perjalanan Jogja ke Semarang sendiri biasanya dapat ditempuh antara 5 hingga 6 jam. Jika Anda akan pergi ke Semarang, sebaiknya siapkan kendaraan yang bagus dan kuat.

Untuk jarak Jogja-Semarang memang tidak begitu melelahkan dengan menggunakan mobil. Anda bisa menyewa atau menggunakan kendaraan pribadi menuju kota Semarang.

Perjalanan menggunakan mobil bisa menjadi salah satu pilihan yang aman dibandingkan menggunakan sepeda motor. Namun jangan lupa untuk selalu mengecek kondisi fisik dari kendaraan yang akan digunakan. Mobil sebaiknya dalam perawatan yang bagus agar kuat untuk dibawa ke Semarang.

Kriteria Mobil Terbaik untuk Perjalanan Ke Luar Kota

pxhere.com

Kondisi mobil prima

Untuk yang ingin mudik ke daerah asal di Kota Semarang dan sekitarnya atau hanya sekedar berwisata, mobil bisa menjadi pilihan transportasi yang cukup hemat. Anda bisa menyewa mobil dari Jogja untuk digunakan sebagai kendaraan Anda menuju Semarang.

Memilih mobil untuk perjalanan ke Semarang menjadi langkah awal untuk mewujudkan perjalanan yang nyaman agar dapat sampai di tujuan dengan selamat. Beberapa kriteria mobil yang bagus untuk mudik antara lain adalah kondisi mobil prima.

Gunakan internet untuk mencari tempat penyewaan mobil di Jogja, Anda juga bisa menggunakan internet untuk mencari informasi bagaimana mengecek kondisi mobil yang aman untuk digunakan ke Semarang. Lebih dari itu, internet juga memberikan lebih banyak informasi terkait destinasi Anda yaitu Kota Semarang.

Seperti melalui situs Ranggawisata, akan ada banyak artikel informatif yang Anda peroleh. Mulai dari tempat wisata di Semarang, kuliner khas Semarang, bangunan peninggalan dan bangunan-bangunan bersejarah di Semarang.

Namun jangan lupa untuk menyiapkan dulu kendaran yang akan dibawa ke Semarang. Sebelum keberangkatan, penting untuk melakukan pengecekan pada seluruh bagian mobil terutama mesin dan ban. Hal tersebut adalah persiapan agar nantinya perjalanan lebih nyaman dan aman.

Jika menggunakan mobil sendiri dan perlu pengecekan yang lebih bagus, mobil dapat diservis terlebih dahulu ke bengkel sebelum digunakan untuk perjalanan ke Semarang. Servis melalui bengkel akan diperiksa dengan lebih detail sehingga kondisi mobilnya akan benar-benar layak dan siap jalan.

pxhere.com

Pastikan kelengkapan surat-surat mobil

Perjalanan menggunakan kendaraan bermotor seperti mobil, baik untuk jarak jauh maupun dekat harus mengikuti peraturan lalu lintas. Penting untuk memastikan kelengkapan surat, terutama STNK. Perjalanan menggunakan mobil yang dilengkapi dengan STNK, akan membuat Anda lebih tenang.

Pastikan STNK mobil yang dibawa masih aktif atau belum kedaluarsa. Apabila sudah tidak berlaku, sebaiknya perpanjang STNK terlebih dahulu. Anda bisa mendatangi satlantas atau pos layanan serupa untuk memperpanjang atau memperbarui STNK.

Selain surat mobil, pengemudi juga perlu memiliki SIM atau surat izin mengemudi yang masih berlaku. Langkah ini diperlukan untuk menaati peraturan berlalu lintas. Selain itu, Anda akan lebih tenang apabila sewaktu-waktu ada razia di tengah perjalanan Anda.

Pastikan kapasitas mobil mencukupi

Perjalanan ke Semarang sebaiknya menggunakan mobil yang kapasitasnya sesuai dengan jumlah orang yang akan ikut. Untuk kendaraan jenis MPV umumnya memiliki kapasitas 6 hingga 7 penumpang. Mobil SUV atau jenis lain yang lebih besar bisa digunakan apabila akan membawa lebih banyak orang.

Jenis mobil elf yang banyak digunakan untuk agen travel, merupakan pilihan kendaraan yang tepat dengan kapasitasnya yang mampu membawa lebih banyak penumpang.

Mobil elf dapat memuat antara 12 hingga 20 orang dalam satu kendaraan. Kendaraan ini memang didesain dengan kapasitas besar, sehingga selain penumpang juga bisa untuk membawa barang-barang yang banyak saat mudik nanti.

pxhere.com

Fitur pendukung kenyamanan

Perjalanan menuju Semarang, baik di siang atau malam hari punya keutamaan dan kekurangannya sendiri. Bagi yang akan melakukan perjalanan jauh seperti ini sebaiknya menggunakan kendaran dengan fitur pendukung yang memadai seperti pendingin udara dan fitur hiburan di dalam mobil.

Fitur pendingin atau AC mobil yang mati akan membuat Anda tidak nyaman terutama jika perjalanan dilakukan di siang hari karena terlalu panas. Fitur hiburan juga bisa membantu agar Anda tidak merasa bosan selama perjalanan.

Cek fitur lain seperti GPS untuk membantu Anda agar lebih mudah menemukan rute menuju kota Semarang. Jika diperlukan, gunakan situs atau website wisata seperti Ranggawisata. Berbagai informasi tempat menarik di Semarang, lengkap dengan rute dan akses jalan mungkin bisa membantu Anda.

Selain mengecek fitur mobil, persiapan yang perlu dilakukan agar perjalanannya nanti lebih nyaman adalah dengan menyiapkan camilan atau musik untuk hiburan di dalam mobil.

Itulah beberapa kriteria mobil terbaik untuk menemani perjalanan Anda dari Jogja ke Semarang. Jangan lupa untuk memastikan stok bahan bakar aman, setidaknya hingga ke SPBU selanjutnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *