Blora adalah sebuah kabupaten di Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan provinsi Jawa Timur. Wilayah Blora sendiri terdiri dari 16 Kecamatan dan 295 desa dengan wilayah yang merupakan sebuah perbukitan dengan beberapa hutan yang cukup luas dibagian utara dan timurnya.

Blora sendiri terkenal dengan jati blora nya yang cukup populer jadi tak mengherankan jika kalian pergi ke blora kalian akan menjumpai banyak sekali pohon jati di setiap jalan yang kalian lewati.

Sebagai salah satu koya ysng tengah berkembang, pemerintah kabupaten Blora sendiri tengah mencangangkan beberapa rencana untuk untuk membangun Blora agar menjad kota yang maju.

Perencanaan Pembangunan Kota Blora

1. Membangun jalur khusus untuk sepeda dan becak

Salah satu rencana yang akan dikembangkan adalah membangun jalur khusus untuk sepeda dan becak. Dimana jalanan kota blora sebagian akan dicat berwarna hijau dan diberikan trotoar pemisah antara kendaraan bermotor dengan pesepeda. Rencana ini dibuat guna untuk mengurangi polusi di kota Blora.

2. Membuat Sawah Organik

Untuk menyupali kebutuhan pangan, pemerintah Blora mencangangkan untuk membuat sawah organik guna seperti tanaman jagung organik, padi organik dan tanaman lainnya. Dengan menanam tanaman oraganik ini tentunya membuat kulitas pangannya menjadi lebih sehat. Selain itu dengan membuat sawah organik dalam jumlah besar dapat untuk di ekspor ke berbagai daerah di indonesia.

3. Membangun Teak Land

Teak land merupakan sebuah taman bermain yang ada di Blora. Teak land ini merupakan taman bermain yang memiliki konsep serba jati, hal ini merupakan keperdulian kota Blora terhadap hutan khususnya hutan jati.

4. Membangun Taman Barongan Blora

Pemerintah kota Blora berencana untuk membangun sebuah taman yang terletak pada tengah kota yaitu taman barongan blora. Di ambil nama barongan karena barongan merupakan salah satu ciri khas dari kota blora, nantinya taman barongan tersebut akan mengambil ciri barongan gembong amijoyo sebagai iconnya.

Nah demikianlah sekilas tentang kabupaten Blora. Tentunya kabupaten blora tersebut merupakan sebuah kabupaten dengan struktur kota yang terbilang cukup maju, ditambah dengan adanya perencanaan yang akan dikembangkan oleh pemerintah pusat membuat kota ini akan berkembang lebih maju.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *