Batik adalah salah satu warisan bangsa yang senantiasa dilestarikan hingga saat ini. Jenis batik sendiri sangatlah beragam. Biasanya setiap daerah di tanah air memiliki corak atau motif batik tersendiri. Seperti misalnya batik Sunda yang akan dibahas disini. Setiap daerah di Jawa Barat memiliki batik yang memiliki corak berbeda. Penasaran apa saja jenis batik dan corak yang ada di dalamnya ? Simak ulasannya secara lebih lengkap berikut ini.

Beragam Batik Khas Sunda yang Kaya Akan Nilai Estetik

  1. Batik Megamendung yang Berwarna Cerah

Salah satu batik yang terkenal dari Sunda adalah batik motif megamendung. Motif dari kain batik ini menyerupai bentuk awan. Uniknya tampilan dari batik tersebut akan cenderung berwarna cerah, layaknya ungu, pink, dan biru. Corak megamendung tersebut juga memiliki makna tersendiri di dalamnya, yakni berupa kesuburan dan juga pemberi kehidupan. Batik yang masuk di kategori batik pesisir ini diketahui berasal dari daerah Cirebon.

  1. Batik Garutan yang Kaya Akan Bentuk Geometris

Batik yang berikutnya ini adalah berasal dari daerah Garut. Biasanya batik garutan tersebut akan dipakai sebagai sinjang atau kain yang digunakan untuk menggendong seorang bayi. Batik Sunda yang satu ini juga memiliki ciri ciri tersendiri di dalamnya, yakni dilihat dari segi motifnya. Motif batik garutan akan kaya akan bentuk geometris dan juga flora fauna, Umumnya bentuk geometris tersebut juga akan lebih menjurus ke bentuk belah ketupat dan kawung.

  1. Batik Ciamis yang Menggambarkan Kerajaan Galuh

Jenis batik berikutnya yang khas dari Sunda adalah batik Ciamis. Terdapat tiga buah motif yang populer pada batik jenis ini. Motif tersebut antara lain ciung wanara, batu hiu, dan juga motif galuh pakuan. Galuh pakuan sendiri adalah suatu corak yang akan memberikan gambaran dari kerajaan di Jawa Barat pada zaman dahulu bernama Galuh. Terdapat pula motif bernama parang sontak pada jenis batik Ciamis ini.

  1. Batik Cianjur yang Bernuansa Layaknya Hasil Pertanian

Batik bersejarah yang ada sejak puluhan tahun lalu adalah batik Cianjur. Cikal bakal batik Sunda tersebut berasal dari seorang pengrajin yang berasal dari daerah Karangtengah. Jika diperhatikan, tampilan dari batik Cianjur akan menggambarkan hasil pertanian. Hal ini dapat dikaitkan dengan kehidupan masyarakat di zaman dahulu yang erat dengan bidang pertanian. Warna hijau pada batik ini juga menambah nuansa tumbuhan di dalamnya.

Banyak terdapat jenis batik khas Sunda lainnya yang belum disebutkan. Namun dari ulasan ini dapat dipahami bahwa corak batik dari daerah ini memiliki beragam arti di baliknya. Mulai dari cerita sejarah hingga kehidupan masyarakat yang melingkupinya. Karena keunikan dari tampilan batik tersebut juga membuat banyak orang menyukainya. Baik orang orang dari dalam maupun dari luar negeri.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *