Durian merupakan buah khas tropis yang digemari banyak orang. Karena itulah wajar saja jika banyakorang ingin menikmati buah durian yang matang langsung dari pohonnya karena rasanya yang memang lebih sedap dibanding buah durian yang tidak matang di pohon. Untuk melakukannya, Anda harus datang langsung ke kebun durian.

Jika Anda penggemar durian, ada beberapa tempat yang bisa Anda datangi untuk menikmati durian matang pohon secara langsung yaitu Desa Sangkanwangi di Lebak, Desa Wisata Durensari di Trenggalek, Kebun Durian Warso di Bogor dan Agrowisata di Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Di tempat-tempat tersebut terdapat kebun durian yang dapat memuaskan lidah pengunjung.

  1. Desa Sangkanwangi, Lebak

Desa yang terletak di Provinsi Banten ini merupakan desa wisata durian yang didirikan oleh petani di Kabupaten Lebak. Durian yang dapat ditemui di tempat ini adalah durian hepi, durian otong dan durian matahari. Durian lokal dari daerah ini selain rasanya manis dan beraroma juga daging buahnya tebal dan tanpa biji.

  1. Desa Wisata Durensari, Trenggalek

Desa Wisata Durensari yang terletak di Kabupaten Trenggalek ini menyuguhkan sensasi petualangan menyusuri kebun durian kepada pengunjung. Uniknya, durian yang di tanam di desa ini tidak tampak seperti kebun durian, tetapi lebih seperti hutan durian. Di desa wisata ini pengunjung dapat menyantap buah durian yang jatuh di sekitar pohonnya.

  1. Kebun Durian Warso

Kebun durian yang biasa disebut Warso Farm ini didirikan di atas lahan seluas 9 hektar. Meskipun dipenuhi dengan berbagai buah-buahan segar, namun mayoritas tanaman buah yang ada di kebun ini adalah pohon durian. Pengunjung dapat menemukan 12 varietas durian seperti durian monthong, petruk, musang king, pelangi, lay, sukun dan lain-lain.

  1. Agrowisata di Polewali Mandar

Kawasan agrowisata yang terletak di Polewali Mandar, Sulawesi Barat ini selain menawarkan kepuasan menikmati buah durian kepada pengunjung juga mengajarkan tata cara bercocok tanam. Pengunjung bahkan dapat mengikuti kursus singkat untuk merawat tanaman buah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *