Gojek merupakan perusahaan decacorn yang berasal dari Indonesia. Awalnya perusahaan ini hanyalah sebuah startup. Kemudian berkembang dan terus berkembang hingga sekarang sudah memiliki ratusan ribu Mitra. Serta telah memiliki jutaan pelanggan dari berbagai macam usia seperti ridelancer.

Layanan gojek juga tidak hanya berfokus pada bidang transportasi. Layanan gojek sudah lebih jauh dari itu, hampir segala aspek dalam kehidupan sehari-hari disentuh oleh perusahaan karya anak bangsa ini. Terkadang muncul pertanyaan kenapa gojek bisa sangat berkembang? Jawabannya ada pada penjelasan di bawah ini.

Inilah Alasan Mengapa Gojek Berkembang Pesat

  1. Memecahkan Masalah Semua Orang

Alasan pertama Mengapa gojek berkembang dengan sangat pesat adalah karena perusahaan ini mampu memecahkan masalah dari semua orang. Dahulu, kita harus pergi ke pangkalan ojek terlebih dahulu untuk bisa menggunakan jasanya. Tarif ojek pangkalan pun terkadang terlalu tinggi.

Setelah hadirnya gojek, kita bisa memesan layanan ini cukup dengan menggunakan ponsel. Setelah kita mendapatkan driver, Mitra gojek ini akan menghampiri kita lalu mengantarkan ke tempat tujuan. Tarif yang harus dibayarkan pun lebih terjangkau.

Tak hanya layanan transportasi, fitur dari Gojek yang tidak kalah populer adalah Gofood. Kita dapat memesan makanan hanya dalam beberapa kali klik. Makanan pun akan diantar dengan selamat sampai di genggaman kita.

Motivasi utama pembentukan startup Gojek adalah menghadirkan kemudahan bagi masyarakat. Dan sekarang Gojek telah mampu membuktikannya.

  1. Teknologi Berperan sebagai Enabler

Gojek pertama kali diluncurkan pada tahun 2010. Saat itu sistem yang digunakan gojek belum seperti sistem yang saat ini. pelanggan yang ingin memesan ojek diharuskan melakukan panggilan melalui telepon kepada operator gojek. Kemudian operator ini menghubungkan dengan tukang ojek untuk menjemput pelanggan.

Motivasi gojek yang ingin memudahkan pelanggan masih belum bisa tercapai sepenuhnya dengan sistem seperti itu. Hal ini dikarenakan pelanggan masih membutuhkan pulsa untuk menelpon operator gojek.

Seiring berkembangnya internet yang semakin pesat, pada 2015 gojek melakukan perombakan sistem besar-besaran. Saat itu sistem manual digantikan dengan sistem digital. Dengan memanfaatkan ponsel pintar dan jaringan internet, gojek berhasil membuat inovasi yang benar-benar memudahkan pelanggan.

Mulai dari 2015 inilah kucing mengalami perkembangan yang sangat pesat. bahkan hanya butuh waktu sekitar 3 tahun hingga perusahaan ini dinobatkan sebagai Decacorn Indonesia.

  1. Investasi dan Kolaborasi

Sebuah perusahaan startup bisa berkembang dengan pesat apabila mendapatkan investor yang mendukung. investor ini berperan sebagai sumber dana untuk menjalankan operasional di perusahaan start up. Begitu pula dengan gojek, mereka tidak mendanai seluruh operasional perusahaan.

Contohnya adalah saat 2015 ketika gojek melakukan perombakan sistemnya menjadi digital. Digitalisasi pada gojek ini dapat dicapai berkat investor yang bersedia menanamkan modalnya untuk perusahaan ini.

Salah satu rahasia Mengapa gojek senantiasa berkembang dengan pesat adalah kolaborasinya dengan berbagai investor skala global. Gojek sendiri telah menerima investasi senilai triliunan dolar sejak 2015 hingga hari ini.

Tanya pintar mencari investor, gojek juga sangat cerdas dalam memilih partner untuk berkolaborasi. Partner paling besar dan paling utama bagi gojek adalah mitranya sendiri. hingga hari ini gojek telah memiliki ratusan ribu Mitra yang tersebar di seluruh Indonesia.

Gojek juga berkolaborasi dengan beberapa start up lainnya dengan mengintegrasikan layanan mereka di dalam aplikasi gojek. Tak hanya itu kolaborasi dengan merchant di go-food juga menjadi salah satu cara yang cukup cerdas untuk memajukan perusahaan.

  1. Skala yang terus berkembang

Meskipun saat ini gojek telah mendulang kesuksesan, namun inovasinya tidak hanya berhenti di sini. Gojek selalu melihat peluang yang bisa dijadikan sebagai layanan baru. Contohnya adalah go-pay, salah satu produk fintech ini telah mengakuisisi beberapa perusahaan lainnya.

Hal ini dilakukan gojek karena mereka mengetahui potensi fintech di masa depan. dan terbukti saat ini go-pay menjadi salah satu dompet digital yang paling banyak digunakan untuk bertransaksi. Baik untuk layanan gojek itu sendiri maupun untuk berbelanja di tempat lainnya.

Gojek juga berusaha untuk Go International dengan melakukan ekspansi ke beberapa negara di Asia Tenggara. Negara yang dimaksud antara lain Vietnam, Singapura, Thailand, dan Filipina.

Itulah beberapa alasan mengapa gojek mampu berkembang saat hingga menjadi perusahaan besar seperti sekarang. Intinya adalah selalu mencari celah permasalahan yang terjadi di masyarakat untuk kemudian dicari solusinya. Hal yang sama juga dilakukan oleh ridelancer.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *