Tahukah Anda apa manfaat tempe? Selain rasanya yang enak dan mudah diolah, tempe ternyata juga mempunyai banyak manfaat bagi tubuh. Makanan yang satu ini memang memiliki banyak kandungan nutrisi, seperti karbohidrat, kalsium, protein, fosfor dan masih banyak lainnya. Berbagai kandungan nutrisi penting inilah yang membuat tempe mampu menjaga tubuh agar tetap sehat.

Nah, berikut ini 5 manfaat besar dari tempe untuk kesehatan tubuh:

  1. Sebagai Sumber Protein

Memiliki kandungan protein yang setara dengan daging, tempe menjadi sumber protein yang cukup untuk tubuh. Fungsi dari protein sendiri ialah untuk menjaga jaringan otot dan mengoptimalkan penyerapan nutrisi dalam tubuh.

  1. Menjaga Kepadatan Tulang

Kaya akan kalsium, tempe dapat membantu menjaga kepadatan tulang. Sehingga terhindar dari osteoporosis dan menjadikan tulang lebih kuat.

  1. Mengontrol Gula Darah

Kandungan yang terdapat dalam tempe dapat menjaga kadar gula tetap normal sehingga aman bagi penderita diabetes untuk mengontrol gula darah.

  1. Sehat Untuk Bayi dan Diet

Dengan kandungan nutrisinya yang baik dan teksturnya yang lembut, tempe juga cocok dijadikan sebagai MPASI untuk bayi. Selain itu, baik juga untuk Anda yang sedang dalam upaya penurunan berat badan.

  1. Menyehatkan Pencernaan

Tempe dapat meningkatkan jumlah bakteri baik pada usus sekaligus membantu mencerna makanan sehingga pencernaan dapat lebih sehat.

Itulah 5 manfaat tempe yang baik bagi tubuh untuk membantu menjaga kesehatannya. Di balik harganya yang murah meriah, dapat kita ketahui bahwa tempe ternyata punya banyak sekali manfaat dari konsumsinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *