Apakah Anda termasuk golongan penggemar kacang tanah? Jika ya, seberapa kenal Anda dengan salah satu tanaman yang buahnya berupa polong ini? Sudah tahu nama latinnya?

 

Bagi anda yang masih sama sekali belum kenal dengan kacang tanah, yuk cari tahu mengenai kacang yang punya segudang manfaat ini! Mengapa kacang tanah dikatakan memiliki segudang manfaat? Tentu karena kacang jenis ini jika dikonsumsi dalam kadar yang tepat akan memberikan dampak baik bagi pengkonsumsinya. Beberapa manfaat tanaman berwujud polong ini adalah mampu membantu stabilnya kadar kolesterol, penurunan kadar gula darah tinggi, menjaga jantung sehat, menyehatkan kulit, dan masih banyak lagi.

 

Untuk Anda yang penasaran dengan wujud asli kacang tanah, Anda dapat membelinya di pasar atau toko yang biasa menjual sayuran. Namun bagi Anda yang ingin melihat langsung bentuk tanaman kacang tanah lengkap dengan daun hingga akarnya, Anda dapat langsung datang ke tempat budidaya atau penanaman kacang tanah terdekat. Jangan lupa untuk meminta izin kepada pemilik tempat.

 

Biodata kacang tanah

Biasanya, sebelum menjadi akrab dengan orang asing seseorang perlu berkenalan terlebih dahulu, kan? Dalam berkenalan tersebut, biasanya antara kedua pihak yang berkenalan akan menanyakan mengenai biodata. Begitu pula dengan langkah mengenal kacang tanah.

 

Kacang yang satu ini namanya dalam Bahasa Latin disebut sebagai Arachis hypogaea L. Tentu saja kacang tanah masuk ke dalam Kingdom Plantae (tanaman). Tanaman dengan bunga yang umumnya berwarna kuning cerah ini masuk ke dalam Divisi Tracheophyta. Sedangkan Kelas kacang tanah adalah Magnoliopsida. Kacang yang memiliki anak daun berjumlah 4 ini merupakan bagian dari ordo Fabales. Perlu diketahui bahwa Family/ Keluarga kacang tanah disebut dengan Fabaceae.

 

Dengan nama latin Arachis hypogaea L. mungkin bagi kebanyakan orang nama ini sulit disebutkan. Sehingga nama latin kurang populer di kalangan orang awam dan lebih sering dikenal dengan nama “Kacang tanah”. Di daerah tertentu kacang ini juga memiliki beberapa sebutan berbeda yang salah satunya adalah kacang banggala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *