Jagung merupakan salah satu tanaman budidaya yang semua bagian tanamannya bisa digunakan. Mulai dari buahnya yang bisa kita konsumsi, buah mentahnya yang bisa dijadikan bahan sayur, daunnya yang bisa kita jadikan makanan ternak, hingga kulit jagungnya. untuk kulit jagung ini ternyata bisa kita jadikan sebagai benda yang lebih bernilai harganya.

Kulit jagung yang kering ternyata bisa kita olah menjadi sebuah kerajinan tangan. Seperti kita ketahui bahwa kulit jagung sering kali dijadikan bahan yang terbuang. Daripada kulit jagung sia-sia dan hanya jadi sampah lebih baik diolah menjadi barang yang lebih berguna. Misalnya saja kerajinan tangan.

Pengganti Kertas

Nantinya, kulit jagung ini bisa kita gunakan sebagai bahan substitusi dari kertas. Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan kerajinan yang terbuat dari kertas. Seiring berjalannya waktu penggunaan kertas ternyata bisa mengancam ekosistem karena banyak kayu yang ditebang demi menghasilkan kertas.

Untuk itu terobosan baru yang bisa anda aplikasikan adalah dengan mengganti kertas dengan bahan yang lebih ramah lingkungan yaitu kulit jagung. Secara tekstur, antara kertas dan kulit jagung memang mirip mirip beda. Namun secara kekuatan, kulit jagung jauh lebih unggul. Sementara untuk daya fleksibilitas, kertas jauh lebih mendominasi.

Frame Foto

Biasanya kerajinan substitusi kulit jagung ini bisa untuk mengganti bahan kertas untuk beberapa objek kerajinan. Misalnya saja ketika kita ingin membuat bingkai atau frame foto. Dengan menggunakan bahan kulit jagung maka hasilnya akan jauh lebih unik dan berbeda. Anda hanya perlu memainkan kratifitas dan imajinasi ketika berkreasi. Jangan lupa untuk memberikan sentuhan finishing seperti dengan memberikan plistur dan pengilap.

Tempat Pensil

Untuk objek kreasi lainnya yang bisa menggunakan bahan kulit jagung misalnya untuk tempat pensil, kulit jagung yang dijemur lalu dijahit maka bisa kita jadikan sebagai tempat pensil. Cara pembuatannya pun sangat mudah. Biasanya, kulit jagung ini akan diberi perlakuan yang bisa meningkatkan kelenturannya. Sehingga kulit jagung yang kering bisa dilipat dan dibentuk sesuai dengan keinginan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *