Berbagai macam olahan makanan berbahan dasar ketan bisa kita saksikan. Dari yang terbilang tradhisional hingga modern, dari hang kelas pasar hingga restoran. Nah! Tahukah kamu jika Beras ketan juga bisa dibuat menjadi tepung dan tepung tersebut diolah menjadi aneka makanan? Artikel kali ini akan membahas beberapa olahan makanan berbahan dasar tepung ketan yang diolah menjadi kue. Penasaran? Simak artikel berikut, ya!

1) Kue Tradhisional Sumatra Barat, Lapek Bugis

Sesuai namanya, Lapek Bugis merupakan salah satu olahan berbahan dasar beras ketan yang berasal dari Sumatra Barat. Ada dua jenis dari Lapek Bugis ini. Adalah Kue Lapek Bugis Putih, yang terbuat dari tepung ketan putih serta Kue Lapek Bugis Hitam yang terbuat dari Tepung Ketan Hitam. Nah! Kue Lapek Bugis ini terbuat dari bahan dasar tepung ketan baik putih maupun gitam san dicampurdengan bahan yang berupa gula pasir, garam serta santan yang telah diaduk jadi satu. Ada kandungan kelapa parut dan gulanya juga, lho! Biasanya kue lapek bugis ini disajikan dengan kuah santan kental yang memberikan rasa gurih lebih dominan.

2) Klepon dan Kue Putu

Siapa sih yang tidak kenal dengan olahan makanan manis legit dengan lelehan gula merah yang satu ini? Dengan bahan dasar campuran antara tepung ketan dan tepung beras, kue putu dan Klepon ini biasanya dimasak dengan cara dikukus dan diselipi dengan sedikit gula merah. Nah! Cara mengkonsumsinya mudah saja, klepin dan kue putu ini akan lebih nikmat ketika disantap sewaktu masih hangat karena akan muncul lava gula merah saat kuenya digigit.

3) Onde-onde

Onde-onde merupakan salah satu makanan tradhisional yang masih menggunakan bahan dasar tepung ketan. Onde-onde ini memiliki bentuk fisik bulat, dengan sisian kacang hijau manis di dalamnya. Onde-onde dimasak dengan cara digoreng, serta dibalur dengan ratusan wijen pada kulit luarnya.

4) Kue Pare

Kue Pare merupakan kue tradhisional khas Banjarmasin dan Pamembang. Karena warna dan bentuknya yang menyerupai sayuran pare inilah maka dinamakan pare. Kue pare terbuat dari bahan dasar tepung ketan yang dicampur bersama air kapur sirih, air daun suji, santan kental dan garam. Sementara untuk isian dalamnya, diisi dengan kelapa parut yang sudah direbus bersamaan dengan garam dan gula merah.

5) Kue Gemblong

Kue Gemblong adalah salah satu makanan tradhisional khas Jawa Timur. Terbuat dari bahan dasar tepung ketan, dengan tekstur yang keras di dalam namun tetap lembut di luar.

Nah! Itulah beberapa olahan kue dari tepung ketan yang rasanya manis. Masih banyak lagi olahan kue dari tepung ketan seperti bolu, cookies, dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *