Tentu tidak asing lagi dengan berbagai olahan telur, bukan? Jika zaman dulu orang-orang biasa makan telur seminggu atau sebulan sekali, sekarang orang makan telur hampir setiap hari dan bukan merupakan sesuatu yang spesial lagi. Kandungan telur jika diolah menjadi bahan tertentu pun bukan hanya sekadar telur ceplok atau telur dadar saja. Melainkan telur juga masuk ke dalam berbagai macam olahan kue mulai dari kue keing, kue kukus, jajanan makanan ringan, olahan tepung-tepungan, hingga memasak mie pun terkadang kita menggunakan olahan telur sebagai campurannya.

Macam-Macam Olahan Telur Yang Enak dan Lezat

Buat kamu yang ingin tahu bahwa telur bisa diolah menjadi olahan makanan apa saja, tentu sangat banyak. Kini artikel ini merangkumkan berbagai macam olahan telur yang biasa kita jumpai sehari-hari.

1. Telur balado

Telur balado merupakan olahan telur yang dimasak dengan tumisan bumbu cabai dan campuran bawang putih bawang merah. Telur balado ini selain warnanya hang menggiurkan, rasanya juga enak dan pas di lidah.

2. Telur ceplok

Salah satu olahan telur hang sangat sederhana adalah telur ceplok. Dikatakan sederhana sebab selain sederhana dari cara membuatnya juga merupakan sederhana dalam tampilannya. Untuk membuat telur ceplok ini, kamu hanya perlu menuangkan telur hingga berbentuk mata sapi ke dalam wajan berisi minyak panas. Setelah itu, untuk menambah cita rasa kamu perlu menaburi sedikit garam.

3. Telur dadar

Nah! Olahan telur yang satu ini juga tak kalah sederhananya dengan telur ceplok. Jika telur ceplok tinggal tuang dan masukan ke wajan, bedanya dengan telur dadar perlu dikocok dulu dan dikasih garam di dalam mangkok. Setelah itu barulah dimasak dalam sedikit minyak panas yang ada di wajan.

4. Telur Semur

Olahan yang satu ini berupa olahan telur yang dicampuri dengan bumbu-bumbu tertentu. Bahan dasarnya sama, yaitu bahan utama berupa telur rebus.

 

Nah! Itulah beberapa olahan telur yang bisa kamu coba di rumah. Selain mudah dan murah, tentu sangat praktis digunakan untuk latihan memasak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *