Siapa sih yang tidak kenal denga negara Jepang. Dimana negara yang satu ini dikenal dengan sebutan negeri sakura serta memiliki beragam destinasi wisata yang menarik. Namun dibalik itu, Jepang juga menjadi pilihan bagi masyarakat Indonesia yang ingin meningkatkan potensi diri dan kariernya dengan memilih magang ke Jepang.

Tentunya magang ke negara Jepang tidak semudah yang dibayangkan karena ada berbagai persyaratan yang penting anda ketahui dan lengkapi. Mulai dari menguasai bahasa Jepang hingga etos kerja Jepang. Anda tak perlu khawatir karena dalam artikel ini akan diberikan informasi seputar trik supaya sukses magang ke negara Jepang dan berbagai keuntungannya.

Kenapa Harus Magang ke Negara Jepang ?

Bagi para pemula terutama lulusan Sekolah Menegah Kejuruan mungkin masih bertanya-tanya kenapa banyak orang yang memilih untuk magang ke negara Jepang. Sebagai pemula pasti anda ingin memiliki karier yang sukses dengan memilih lokasi magang yang terbaik. Untuk itulah Kementeran Ketenagakerjaan Indonesia membuka peluang magang di luar negeri salah satunya ke Jepang.

Kebijakan Kementerian Ketenagakerjaan tersebut sudah dibuat sejak tahun 1993. Dimana pada tahun tersebut Kementerian ketenagakerjaan sudah bekerja sama dengan IM Jepang. Kerjasama tersebut dijalin dalam sejumlah bidang magang diantaranya pemasangan alat konstruksi, pengelasan, pengecoran, manufaktur, pengolahan makanan ikan dan lain sebagainya.

Melalui kerjasama antara Kementeran ketenagakerjaan dan IM Jepang tersebut diharapkan setiap pemagang bisa memperoleh banyak pengalaman dalam bekerja di luar negeri. Selain itu pemagang juga dididik supaya menjadi pribadi tangguh serta optimis menghadapi tantangan dunia kerja di masa mendatang. Pemagang yang sudah mengikuti program magang selama 3 tahun akan memperoleh sertifikat keahlian sesuai bidangnya. Bahkan pemagang juga emperoleh asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan kerja dan kematian. Pihak IM Jepang juga akan melakukan monitoring secara rutin bagi para pemagang.

Meskipun magang di Negara Jepang, tetapi pemagang juga akan diberikan beberapa fasilitas seperti transportasi, tempat tinggal serta fasilitas memasak. Setiap bulannya pemagang juga akan memperoleh tunjangan dengan jumlah yang cukup besar dan akan semakin meningkat setiap tahunnya. Tunjangan modal juga akan diberikan bagi pemagang yang sudah berhasil menyelesaikan program magang selama tiga tahun.

Tentu bagi pemula yang ingin mencoba magang ke negara Jepang sebaiknya tak perlu ragu. Sebab di Jepang sangat memperhatikan keselamatan kerja para karyawannya dan hal tersebut juga menjadi prioritas utama. Bahkan bagi karyawan magang di Jepang juga berkesempatan menjadi trainee di negara tersebut dan diberikan waktu kurang dari tiga tahun.

Nantinya karyawan yang sudah menjadi trainee dalam waktu tiga tahun akan memperoleh gaji yang diperkirakan setara degan 25 juta rupiah. Selain itu, mantan trainee yang sudah pulang ke tanah air akan memperoleh hak asuransi berupa nenkin sebesar 2-5 juta rupiah. Asuransi tersebut akan diberikan selama 3 bulan sesudah pulang ke Indonesia. Berbagai alasan kenapa harus magang di Jepang pasti sangat menguntungkan terutama bagi pemula yang belum memiliki banyak pengalaman di dunia kerja.

Trik Sukses Magang ke Negara Jepang

Berbagai keuntungan yang bisa diperoleh dengan magang di Jepang tentu sangat menarik dan menggiurkan. Tetapi perlu anda ketahui bahwa agar bisa magang di Jepang, terlebih dahulu anda harus lolos beberapa seleksi. Beberapa jenis seleksi tersebut antara lain seleksi administrasi yakni pemerikaan kelengkapan berkas dan file pelamar. Selanjutnya pemeriksaan fisik yakni pemeriksaan berat badan, tinggi badan, cacat fisik, penyakit dan lain-lain.

Tidak berhenti sampai disitu, seleksi dilanjutkan dengan tes Bahasa Jepang, Matematika serta tes wawancara. Pada bagian akhir dilakukan tes kesehatan yang mengharuskan peserta tidaj buta warna serta tidak memiliki penyakit yang menular atau berbahaya. Supaya anda dapat lolos setiap seleksi magang ke Negara Jepang maka berikut ada beberapa trik yang bisa anda terapkan.

  1. Mulailah dengan Berdoa
    Berdoa merupakan hal yang sangat penting anda lakukan. Sebab dengan berdoa maka anda bisa merasa lebih tenang dan semakin meningkatkan rasa percaya diri.
  2. Mempersiapkan Berkas atau Dokumen yang Dipersyaratkan
    Supaya anda lolos seleksi administrasi, maka pastikan mempersiapkan kelengkapan persyaratan dokumen jauh-jauh hari. Pastikan mengeceknya kembali supaya tidak ada yang tertinggal.
  3. Kondisi Fisik Prima
    Sebelum anda mendaftar magang sebaiknya pastikan kondisi fisik anda dalam kondisi prima dan sesuai persyaratan yang diberikan.
  4. Menjaga Daya Tahan Tubuh
    Tidak hanya mempersiapkan fisik dan kondisi tubuh yang prima, anda juga harus terus menjaga daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh yang bagus akan memudahkan anda mengikuti setiap tahan seleksi dan lolos uji ketahanan tubuh. Dengan demikian anda perlu olahraga secara teratur.
  5. Menerapkan Gaya Hidup Sehat
    Supaya lolos seleksi, pastikan anda membiasakan hidup sehat dengan menghindari kebiasaan gaya hidup yang tidak sehat seperti minum alkohol, merokok serta begadang.
  6. Mengikuti Kursus
    Supaya lolos seleksi, sebaiknya anda juga mengikuti kursus bahasa Jepang maupun program bimbingan belajar agar anda lolos seleksi tes tulis.

Demikianlah penjelasan mengenai trik sukses magang ke Jepang yang bisa menambah wawasan anda. Bila anda ingin tahu seputar trik maupun hal-hal yang berkaitan dengan magang di Jepang maka silakan kunjungi website titikdua. Dengan mempersiapkan diri sebaik mungkin tentu akan membuat anda berhasil lolos seleksi magang ke negara Jepang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *