Mau tinggi? Tenang saja, Anda bukan satu-satunya orang yang sedang berusaha untuk menambah tinggi badan. Di luar sana banyak sekali orang-orang bermimpi memiliki tinggi badan ideal, namun terbatas faktor genetik orang tuanya yang bertubuh pendek. Tetapi jangan salah, tinggi badan seseorang bukan hanya dipengaruhi oleh genetik orang tuanya saja, gaya hidup seseorang juga bisa menambah tinggi badan.

Gaya hidup yang dimaksud adalah bagaimana seseorang melakukan aktivitas sehari-hari dan apa saja yang dikonsumsi. Dengan kata lain, semua orang memiliki kesempatan untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangannya sehingga memiliki tinggi dan berat badan yang ideal. Nah, pada pembahas kali ini akan fokus pada jenis makanan yang membantu meningkatkan tinggi badan.

Faktor Nutrisi Mempengaruhi Tinggi Badan

pixabay.com

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa ada tiga faktor yang mempengaruhi tinggi badan seseorang yaitu faktor genetik, nutrisi dan aktivitas. Mengenai faktor nutrisi, berikut ini beberapa nutrisi untuk menambah tinggi badan, antara lain:

Kalsium

Kalsium memang dipercaya dalam membantu pertumbuhan dan pembentukan tulang dan gigi. Fungsi khusus kalsium adalah untuk proses pengendapan mineral tulang. Bahkan kalsium di dalam tubuh akan disimpan pada tulang dan gigi sebanyak 99%.

Vitamin D

Kalsium dan fosfor yang dibutuhkan pada tulang akan lebih cepat diserap dan digunakan dengan adanya vitamin D. hal ini cukup penting untuk pembentukan tulang, tulang rawan dan gigi.

Vitamin K

Berbeda dengan vitamin D, vitamin K justru berperan dalam proses pembekuan darah normal tubuh dan menunjang kesehatan tulang. Nah, sebagian besar vitamin K ini diproduksi oleh mikroorganisme dalam usus dan disimpan dalam hati.

Protein

Menurut Donald K. Layman, American Journal of Clinical Nutrition, protein hewani berpengaruh pada peningkatan mineralisasi tulang dan meminimalkan tulang patah. Sedangkan protein nabati memiliki tingkatan yang lebih rendah dalam mempengaruhi pertumbuhan tulang.

Karbohidrat dan Lemak

Berdasarkan penelitian, karbohidrat kompleks dan asam lemak omega 3 bisa membantu meningkatkan kepadatan massa tulang dan penyerapan kalsium. Karbohidrat dan lemak di atas bisa didapatkan dari buah-buahan dan sayuran. Penelitian tersebut dilakukan oleh Ron Zernicke, direktur U-M Bone dan Join Injury Prevention & Rehabilitation Center.

Zinc

Zinc juga memiliki peran dalam mediasi hormonal sekresi dan sintesis hormon pertumbuhan, termasuk pada hati dan di tulang rawan. Zinc juga berinteraksi dengan hormon yang berhubungan dengan pertumbuhan tulang dan berpengaruh pada meningkatnya tinggi badan.

Pilihan Makanan yang Perlu Dikonsumsi

pixabay.com

Untuk menambah tinggi badan secara optimal Anda bisa mengkonsumsi suplemen tiens peninggi badan dan juga dibarengi dengan konsumsi makanan bernutrisi. Nah, untuk mendapatkan nutrisi yang diperlukan oleh pertumbuhan tulang, Anda bisa mengkonsumsi makan berikut ini:

Susu

Susu dikenal sebagai minuman berkalsium yang sangat baik untuk pertumbuhan dan pembentukan tulang serta membangun sebagian besar sel tubuh. Susu yang juga mengandung protein, vitamin D dan B12 ini baik diminum 2 kali dalam sehari.

Telur

Telur merupakan sumber protein yang dapat meningkatkan pertumbuhan tubuh secara keseluruhan. Telur bisa dikonsumsi setiap hari sekitar 3 butir, namun jika khawatir dengan kolesterolnya Anda bisa memakan putih telurnya saja.

Brokoli

Brokoli merupakan sayuran yang banyak mengandung vitamin C, zat besi, anti kanker dan kaya akan serat. Brokoli bisa dikonsumsi secara rutin dan membantu merangsang hormon pertumbuhan untuk menambah tinggi badan.

Bayam

Bayam merupakan sayuran yang kaya akan vitamin, zat besi, kalsium dan serat. Fungsi utama bayam di dalam tubuh adalah untuk mempertahankan daya tahan tubuh lebih kuat. Selain itu, juga membantu fungsi tubuh lainnya, pertumbuhan otak dan tulang, membangun sel otot dan lain sebagainya.

Lobak

Lobak memiliki kandungan hormon pertumbuhan, vitamin, serat, mineral, protein, kolesterol dan lemak. Lobak bisa dimasak atau dibuat jus dan diminum setiap hari untuk menunjang pertumbuhan tinggi badan.

Rhubarb

Rhubarb adalah batang tumbuhan keladi atau talas dapat merangsang sekresi hormon pertumbuhan dalam tubuh. Rhubarb ini aman dikonsumsi dalam keadaan mentah ataupun masak dalam jangka waktu 3 sampai 4 kali seminggu.

Bok Choy atau Kubis Cina

Bok Choy merupakan kubis Cina yang memiliki kandungan mineral, serat makanan, vitamin dan karbohidrat. Bok Choy bisa dikonsumsi secara teratur untuk membantu pertumbuhan tulang dan meninggikan badan secara alami.

Nah, itulah beberapa makanan penambah tinggi badan yang perlu dikonsumsi secara rutin. Semoga informasinya bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *