Kurma merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak tumbuh di timur tengah yang diambil buahnya. Kurma masuk dalam kategori tanaman dioecious atau bisa di artikan sebagai tanaman yang memiliki jenis jantan dan jenis betina dan kedua nya hidup secara terpisah dan sama-sama berbuah.

Tanaman ini mudah sekali tumbuh hanya dengan menanam bibit dari biji saja. Namun, pohon kurma betina hanya memiliki prosentase sekitar 50 persen saja untuk dapat tumbuh hingga berbuah ketika di tanam dengan menggunakan bibit dari biji.

Kurma memiliki buah dengan bentuk lonjong, oval atau silinder. Dengan rata-rata panjang dari buah kurma adalah sekitar 3 cm – 7 cm. Diameter dari buah kurma adalah 2 cm sampai 3 cm. Ketika buah kurma sudah matang, maka akan berwarna merah cenderung cokelat tua. Biji dari buah ini memiliki panjang bisa mencapai 2,25 cm dengan ketebalan dari biji tersebut maksimal mencapai 8 mm.

Negara Penghasil Kurma

pexels.com

Kami telah merangkum beberapa negara penghasil buah kurma di seluruh dunia. Data ini di kutip dari sumber terpercaya yaitu FAO atau UN Food & Agriculture Organisation pada kurun waktu 2007. Berikut ini adalah beberapa negara penghasil kurma terbanyak di dunia.

  1. Mesir, menghasilkan kurma sekitar 1,313.69 ton.
  2. Iran, menghasilkan kurma sekitar 1.000,00 ton.
  3. Arab Saudi, menghasilkan kurma sekitar 982,54 ton.
  4. Uni Emirat Arab, menghasilkan kurma sekitar 755,00 ton.
  5. Pakistan, menghasilkan kurma sekitar 557,52 ton.
  6. Aljazair, menghasilkan kurma sekitar 526,92 ton.
  7. Irak, menghasilkan kurma sekitar 440,00 ton.
  8. Sudan, menghasilkan kurma sekitar 332,00 ton
  9. Oman, menghasilkan kurma sekitar 255,87 ton.
  10. Libya, menghasilkan kurma sekitar 175,0 ton.

Kandungan gizi buah kurma

Buah kurma kaya akan kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Berikut ini adalah kandungan gizi yang terdapat pada buah kurma. Simak penjelasan dari artikel yang ada di bawah ini.

– Nutrisi : 100 g (3,5 oz)

– Energi : 1180 kJ (280 kcal)

– Karbohidrat : 75 g

– Gula :63 g

– Serat pangan :8 g

– Lemak :0.4 g

– Protein : 2.5 g

-Air : 21 g

– Vitamin C : 0.4 mg (1%)

– Manganese : 0.262 mg

Manfaat dan khasiat Buah kurma

pexels.com

Dari kandungan gizi yang terdapat dalam buah kurma, maka kita bisa dengan mudah memastikan bahwa buah yang satu ini kaya akan manfaat dan juga khasiat. Berikut ini akan kami jelaskan manfaat dan khasiat dari buah kurma. Simak penjelasan dari artikel yang ada di bawah ini.

1. Mengurangi kolesterol

Manfaat pertama yang di dapat dengan mengkonsumsi buah kurma adalah bisa mengurangi kadar kolesterol. Jika kamu orang yang memiliki kadar kolesterol cukup tinggi, kamu harus sering-sering mengkonsumsi buah kurma agar bisa menurunkan dan mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh mu.

2. Mencegah anemia

Buah kurma memiliki kandungan berupa zat besi yang cukup tinggi. Kadar zat besi yang tinggi di dalam buah kurma ini mampu memproduksi sel darah merah sehingga jika kamu kekurangan sel darah merah alangkah baiknya kamu rutin mengkonsumsi buah kurma agar tidak terkena penyakit anemia. Penyakit anemia atau kekurangan sel darah merah ini bisa mengakibatkan tubuh menjadi lesu dan lemas. Maka dari itu mulai dari sekarang rutinlah untuk mengkonsumsi buah kurma.

3. Memperbaiki sel kulit yang rusak

Di dalam buah kurma terdapat kandungan gizi berupa asam pantotenat. Asam pantotenat ini masuk dalam keluarga vitamin B yang bisa berfungsi untuk memperbaiki sel kulit yang rusak akibat paparan sinar matahari, alergi dan lain sebagainya. Dengan mengkonsumsi buah kurma secara rutin maka akan memperbaiki sel kulit yang rusak serta akan menghasilkan kulit yang lebih halus dan lembut.

4. Mencegah Diabetes

Manfaat berikutnya dari buah kurma adalah bisa Mencegah Diabetes. Di dalam buah kurma terdapat kandungan gizi berupa serat. Serat inilah yang mampu mencegah penyakit diabetes. Meskipun kurma memiliki rasa yang manis, akan tetapi manis dari buah kurma ini adalah hasil dari gula alami yang tidak akan menyebabkan penyakit diabetes.

5. Mengatasi permasalahan pencernaan

Kandungan serat yang cukup tinggi dari buah kurma juga sangat ampuh untuk mengatasi segala permasalahan sistem pencernaan. Dengan rutin mengkonsumsi buah kurma maka pencernaan akan lancar dan tidak akan terserang penyakit disentri, sembelit, diare dan lain sebagainya. Bahkan, kandungan serat tersebut bisa mencegah terserang penyakit kanker pada usus.

6. Mencegah kebotakan

Buah kurma ini kaya akan manfaat dan khasiat. Tak hanya buah nya saja yang bisa di manfaatkan dan memiliki segudang khasiat, bahkan biji nya pun bisa bermanfaat. Dengan mengoleskan biji kurma menggunakan minyak zaitun, lalu kamu gosokan pada bagian rambut. Dengan melakukan tips diatas maka kamu akan terhindar dari rambut rontok yang bisa berakibat pada kebotakan. Jadi, bagi kamu yang mengalami permasalahan semacam itu bisa di coba tips yang kami berikan diatas.

Nah itulah beberapa manfaat dari buah kurma yang membuat banyak orang jual kurma di Indonesia dan juga karena banyak orang ingin menikmati manfaat yang baik untuk kesehatan dari mengkonsumsi buah kurma.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *