Sebagai salah satu spesies lokal yang ada di Indonesia tepatnya di Indramayu, mangga jenis ini memiliki peminat yang cukup banyak. Selain itu, pemeliharaan yang mudah membuat orang-orang memilih membudidayakannya. Pohon mangga ini dapat hidup hampir di seluruh jenis dataran, baik itu di dataran tinggi maupun di dataran rendah.

Bentuk Buah Mangga Indramayu

Mangga Indramayu memiliki bentuk yang khas. Bentuk dari mangga ini bulat dibagian pangkal dan lonjong atau memanjang serta memiliki lekukan yang tidak terlalu tajam mendekati ujung buahnya. Selain bentuk yang khas ini, ukuran mangga ini juga besar. Untuk satu buahnya bisa mencapai berat hingga 1 kg.

Buah yang besar dan bentuk yang khas ini diimbangi dengan rasa manis yang tidak membuat cepat bosan. Selain itu daging buah memiliki serat yang khas dan tidak akan menyusahkan Anda untuk menikmatinya. Daging buah Mangga Indramayu ini juga tidak terlalu banyak berair. Kandungan air yang terlalu banyak pada mangga biasanya akan membuat daging jadi lembek.

Kemampuan dalam Bertahan Hidup

Pohon mangga jenis ini memiliki kemampuan dalam bertahan hidup yang baik. Dapat hidup di dataran tinggi maupun dataran rendah membuat petani tak perlu repot-repot lagi. Yang dibutuhkan pohon ini hanyalah lahan yang luas. Lahan ini berguna agar pohon mangga indramayu mendapat sinar matahari yang banyak.

Selain di tanam pada lahan yang luas, pohon mangga ini juga dapat dijadikan tabulampot atau tanaman buah dalam pot. Cara ini relatif mudah dan cocok untuk Anda yang tak memiliki lahas yang cukup. Meski demikian, pengaturan ruang yang mendapat cahaya juga perlu diperhatikan karena pohon mangga membutuhkan sinar matahari yang cukup.

Dengan perawatan yang rajin dan pemberian pupuk serta sedikit obat agar pertumbuhannya tidak terlalu menjulang, pohon mangga indramayu ini dapat berbuah setelah berusia 2 hingga 3 tahun. Ini merupakan usia yang cukup cepat sebagai spesies mangga yang ditanam dalam pot.

Dengan kelebihan-kelebihan tersebut, apakah Anda tidak tergiur untuk mencoba memilikinya di pekarangan rumah Anda? Bukan hanya sebagai peneduh saja, tetapi juga dapat jadi tabulampot yang menyenangkan saat dipandang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *