Sebenarnya waktu masuk kuliah masih lama. Namun Anda tidak bisa santai-santai saja, apalagi sudah kelas 3 SMA. Butuh persiapan matang agar cita-cita kuliah di kampus terbaik dapat berjalan mulus. Bagi Anda yang memutuskan diri masuk ke prodi matematika, kedokteran, maka butuh materi-materi yang berhubungan dengan dunia saintek. Tujuannya jelas, agar ketika tes SNMPTN maupun SBMPTN dapat lolos sesuai dengan harapan.

Waktu berjalan dengan cepat. Beberapa bulan yang lalu Anda baru saja naik kelas 3 SMA, tapi kini harus memikirkan masa depan dengan mempersiapkan SBMPTN. Hal ini menjadi alarm Anda agar segera mempersiapkan ujian. Bukan hal sederhana mengikuti ujian masuk bersama perguruan tinggi. Butuh persiapan matang agar Anda tidak kehilangan kesempatan masuk ke prodi saintek di kampus terbaik Indonesia.

Persiapan Mengikuti SBMPTN di Prodi Saintek

Pada kesempatan kali ini kami membagikan informasi tentang persiapan apa saja yang Anda butuhkan untuk mengikuti SBMPTN.

Mental menjadi persiapan utama yang penting untuk Anda lakukan. Semisal mental tidak kuat Anda akan kaget dengan soal yang belum pernah dipelajari sebelumnya. Apalagi jika Anda mendaftar prodi yang berbeda dengan latar belakang pendidikan/jurusan waktu SMA. Jangan karena mental yang tidak kuat, fokus Anda untuk persiapan tes masuk perguruan tinggi malah terganggu. Buka sekadar uji nyali saja yang butuh mental. Sebaiknya Anda mempersiapkan mental agar peluang lolos SBMPTN terbuka lebar.

pexels.com

Persiapan berikutnya, tentukan perguruan tinggi yang Anda inginkan. Perguruan tinggi atau kampus merupakan tempat menimba ilmu saat kuliah nanti. Dengan demikan Anda harus selektif dalam memilih perguruan tinggi. Kampus yang Anda inginkan setidaknya sesuai dengan rencana, memiliki persaingan yang kurang ketat, dan tetap memiliki akreditasi terbaik.

Sebaiknya Anda tidak memilih kampus hanya karena faktor eksternal, semisal ajakan teman, pacar, atau karena dekat dengan rumah. Ingat, cita-cita dimulai dari usaha diri sendiri. Jadi, kalau Anda sudah menentukan universitas yang diinginkan, di sanalah tempat untuk melanjutkan kependidikan.

Persiapan ketiga, ulangi setiap materi-materi yang berhubungan dengan dunia saintek. Bagi Anda yang menginginkan prodi (program studi) matematika, kedokteran, maupun teknologi harus membekali dengan materi ini. Semisal di sekolah materi yang diajarkan kurang maksimal, atur waktu Anda untuk mengikuti les private demi mendapat materi tambahan.

Oh iya, jangan sampai Anda membuang buku lembar soal masa SMA, entah kelas 1 hingga 3 karena beberapa soal ujian SBMPTN kerap diambil dari sana. Nah, sebelum memasuki masa ujian masuk perguruan tinggi, pelajari kembali catatan maupun lembar soal tersebut.

Agar bisa lolos ke prodi yang Anda inginkan melalui SBMPTN dengan rumpun saintek, seperti kedokteran, pertanian, matematika, dan teknik maka harus lulus UTBK. Ujian ini nantinya akan menguji materi yang berhubungan dengan saintek, seperti matematika, kimia, fisika, dan biologi.

Semisal Anda masih kelas dua SMA alias waktu merencanakan ujuan SBMPTN masih lama, silakan aktif di kegiatan sekolah. Kami sarankan agar Anda rutin ikut lomba agar mendapatkan sertifikat sebagai portofolio. Tidak banyak orang yang tahu kalau peran sertifikat atau piagam semasa SMA bisa memengaruhi keberhasilan lolos di perguruan tinggi negeri impian.

Persiapan lain yang bisa Anda lakukan adalah menyeleksi program studi berdasarkan daya saing. Beberapa program studi di universitas negeri di Indonesia memiliki peminat yang tidak sedikit. Jika Anda memiliki nilai rapor pas-pasan tetapi memilih program studi dengan saingan ketat, bisa saja peluang lolos kecil. Begitu juga dengan pemahaman akan materi soal yang bisa memengaruhi peluang masuk ke universitas impian.

pexels.com

Materi Saintek yang Diprediksi akan Keluar pada SBMPTN 2020

Saintek berasal dari akronim Sains dan Teknologi. Sains merupakan kumpulan pengetahuan dan cara mendapatkan serta menggunakan pengetahuan, sedangkan teknologi sebagai penerapan ilmu, khususnya ilmu alam. Dengan begitu, sains dan teknologi didefinisikan sebagai cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari proses dan cara kerja alam dalam meningkatkan kondisi kehidupan manusia.

Berikut materi soal sbmptn saintek matematika, kimia, fisika, dan biologi yang diprediksi akan keluar saat SBMPTN.

  1. Matematika. Materi yang kerap muncul di SBMPTN adalah turunan, integral, teori peluang, limit, dan trigonometri. Meskipun demikian, Anda tetap mempelajari tentang persamaan kuadrat karena materi ini digunakan pada topik lain. Semisal dihitung, soal yang menggunakan aplikasi persamaan kuadrat muncul sebanyak 20 kali atau lebih banyak daripada fungsi komposisi. Jangan lupa juga, pelajari materi dimensi 3, vektor, dan polinominal.
  2. Materi fisika yang sering keluar di SBMPTN 2020, antara lain listrik dan magnet, zat dan kalor, mekanika I, fisika modern, serta getaran dan gelombang.
  3. Materi kimia yang diprediksi akan keluar di SBMPTN 2020, antara lain stoikiometri, larutan, dan kimia organik. Meskipun hanya tiga materi, ada sub materi yang perlu Anda pelajari secara menyeluruh. Di samping itu materi seperti ikatan kimia, elektrokimia, termokimia, dan kesetimbangan berpotensi muncul dalam SBMPTN 2020.
  4. Berikutnya, materi biologi yang diprediksi keluar di SBMPTN 2020, antara lain sel, struktur dan fungsi alat tubuh manusia, jaringan dan organ, metabolisme sel, ekologi, serta genetika dan mutasi.

Selesai sudah pembahasan yang dapat kami sampaikan kali ini, misal masih butuh informasi terkait soal maupun materi Anda bisa mengunjungi edutore. Semoga bermanfaat dan kami harap Anda bisa lolos seleksi SBMPTN di kampus idaman. Terima kasih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *