Tema atau tampilan suatu produk tentunya sangat berpengaruh bagi perkembangan produk tersebut. Seperti yang orang bilang, bahwa sesuatu dilihat dari cover atau tampilannya terlebih dahulu. Dalam website juga harus tetap memperhatikan tampilan web tersebut meskipun informasi atau konten web tersebut juga penting sebagai info yang berfaedah.

Namun apabila tampilan yang di sajikan kurang menarik dan terlihat biasa saja, maka pengguna lain tidak akan melirik atau tidak akan mengunjungi web yang telah anda buat. Olehnya pemilihan tema yang digunakan pada website juga berpengaruh dalam pemasaran atau kelangsungan website tersebut.

Anda bisa memilih-milih tema yang ada pada situs atau website theme baik secara berbayar maupun gratis. Namun apabila anda sendiri merasa masih bingung dan ragu hendak memakai tema seperti apa yang cocok untuk tampilan website anda, maka anda juga bisa mencari-cari terlebih dahulu informasi atau tips memilih theme untuk website agar tidak merasa ragu.

Berikut beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk pertimbangan dalam memilih tema.

Tips Dalam Memilih Tema Website

pexels.com

Sumber tema

Dalam memilih theme mana yang cocok untuk tampilan website anda, tentunya anda harus mendapatkan dari sumber yang memang dipercaya dan telah banyak dipercaya juga oleh pengguna atau pembuat website lainnya. Sumber dari suatu theme sangat mempengaruhi darimana asal theme tersebut dan bagaimana review dari pengguna lainnya.

Mengenai sumber theme itu sendiri dapat dipercaya atau tidak, anda dapat melihatnya pada bagian portofolio atau keterangan website penyedia theme tersebut. Apakah review atau tanggapan yang diberikan pengguna lain bagus dan sesuai dengan keinginan anda.

Desain theme sesuai dengan isi

Menerapkan suatu tema pada website anda harus disesuaikan dengan konten atai isi dari website tersebut. Tema website yang menurut anda terlihat menarik dan bagus, belum tentu cocok dengan isi atau konten dalam website tersebut.

Menggunakan tema yang mencolok pada website yang berkonten sederhana, hanya akan menimbulkan tampilan berlawanan dan fokus terhadap isi atau penyampaian konten tersebut tidak akan tersampaikan karena terhalang oleh tampilan tema yang terlalu mecolok.

Tampilan tema yang terlalu ramai atau banyak desain lainnya juga menjadikan beberapa pengguna justru merasa kebingungan atau sulit memahami isi dari informasi yang hendak disampaikan. Oleh karena itu diharapkan anda mencari-cari informasi atau tips memilih theme untuk website agar cocok dengan isi website anda.

Harga

Mengenai harga tema, memang banyak tema yang dikenakan biaya saat anda ingin menggunakan tema tersebut dari website penyedia tema. Namun banyak juga tema yang bisa diperoleh secra gratis alias tidak berbayar. Akan tetapi, tampilan tema yang berbayar dengan yang tidak berbayar pasti akan berbeda dari segi tampilan yang disajikan.

Apabila anda tidak ingin membayar atau mengeluarkan dana untuk sebuah tema, anda harus pintar-pintar memilah dan mencari tema gratis yang sesuai dengan isi konten website anda namun juga tetap menarik untuk dilihat server lainnya.

Tips Pendukung Dalam Pemilihan Tema Untuk Website

pexels.com

Support browser

Tema yang anda gunakan sebagai tampilan pada website anda, sebaiknyasebelumnya di cek terlebih dahulu. Apakah tema tersebut memiliki support browser yang berkualitas atau hanya mendukung beberapa browser tertentu. Hal tersebut dilakukan sebelum anda menerapkan tema tersebut.

Info mengenai support browser sangat  diperlukan untuk melihat apakah tema tersebut bisadilihat atau dibukasaat pengguna lain membuka website anda.

Kecepatan loading

Selain support browser pada tema tersebut, kecepatan loading pada tampilan tema juga patut diperitungkan dalam proses pemilihan tema. Pasalnya, tidak semua pengguna menggunakan laptop atau komputer untuk membuka suatu website.

Banyak juga pengguna atau server yang menggunakan smartphone atauponsel untuk membuka dan melihat suatu situs dalam tujuan memperoleh informasi yang dibutuhkan. Apabila tema yang diterapkan merupakan tema dengan size atau ukuran yang berat, maka akan sulit bagi pengguna ponsel untuk melihat website tersebut secara cepat sedangkan informasi yang ingin diperolehsecara cepat menjadi terhambat.

SEO friendly

Dalam wacana panduan lengkap membuat website tentunya selalu disebtkan mengenai sistem penulisan yang baik dan benar seperti apa. Sistem penulisan yang tidak terlalu rumit namun intisari dari informasi tersebut dapat tersampaikan. Begitu juga dalam memilih tampilan atau tema untuk suatu website.

Tema terebut harus mendukung atau memiliki SEO yang friendly artinya, saat tema diberikan atau didesai dengan fitur lainnya, informasi yang sudah anda torehkan tidak akan berubah atau menjadi berantakan. Karena banyak tema yang sudah dipilih dan diterapkan ternyata mengubah wacana atau tulisan yang ada didalam website tersebut.

Tentunya hal ini akan menimbulkan masalah dalam penyampaian informasi nantinya. Jadi, pastikan memilihtampilan tema dengan SEO atau sistem penulisan yang baik.

Keamanan

Keamanan sebuah tema tidak luput dari sumber atau asal tema tersebut. Keamanan tema tersebut harus dipastikan juga agar saat pengguna atau server membuka website anda, tidak akan ada virus atau pop up mengganggu yang justru akan menutupi penyampaian informasi atau konten tersebut.

Oleh karena itu, sebelum menerapkan tema website akan ada baiknya anda mencari tahu mengani tips memilih theme untuk website.