Menjalani kehidupan ini harus seimbang dengan beberapa urusan termasuk urusan akhirat. Sebagai umat muslim ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menambah amal ibadah selama hidup. Salah satunya adalah dengan menjalankan ibadah puasa.

Melalui puasa ini umat islam bisa mendapatkan pahala yang sangat banyak. Pelaksanaannya juga tidak memberatkan untuk dilakukan. Seperti menjalankan ibadah sunnah. Ada beberapa ibadah puasa sunnah yang bisa dijalankan umat islam untuk menambah pahala.

Seluruh umat muslim tentu tidak asing dengan ibadah puasa. Puasa sendiri merupakan sebuah amalan ibadah yang dilakukan di saat – saat tertentu dengan niat yang berbeda pula. Puasa ini berarti menaham diri dari makan, minum, melakukan perbuatan buruk apapun itu yang mampu membuat puasa menjadi batal. Puasa ini dilakukan mulai dari terbitnya fajar hingga terbenam matahari. Tentu saja sebelum menjalankan sebuah ibadah puasa harus diawali dengan niat. Bagaimanapun juga menjalankan ibadah puasa bukanlah yang sangat mudah untuk dilakukan. Apalagi harus menaham diri dari berbagai hal selama kurang lebih satu hari.

Menjalankan ibadah puasa bukan berarti tidak menjalankan aktivitas lainnya. Orang yang tengah menjalankan ibadah puasa juga sama seperti orang pada umumnya yang juga tetap menjalankan aktivitas sehari – hari. Itulah yang terkadang membuat ibadah puasa ini cukup berat untuk dilaksanakan. Namun pahalanya yang besar membuat banyak orang yang rela menjalankan ibadah sunnah ini demi bisa menambah amal ibadah dan mendekatkan diri kepada Tuhan.

Beribadah Melalui Puasa Sunnah

Beribadah Melalui Puasa Sunnah
ilustrasi Beribadah Melalui Puasa Sunnah (photo: pixabay.com)

Ibadah puasa terbagi menjadi dua macam. Ada puasa wajib dan ada juga puasa sunah. Puasa wajib ini adalah puasa yang mana seluruh umat islam di dunia harus menunaikannya pada waktu tersebut. Bahkan jika tidak mengerjakan puasa wajib ini maka hukumnya adalah dosa, seperti dalam menjalankan puasa ramadhan. Setelah itu ada juga puasa sunnah. Puasa sunnah ini sendiri boleh dilakukan dan boleh untuk tidak dilakukan. Dilakukan akan mendapatkan pahala dan jika tidak dilakukan tidak mendapatkan pahala. Melakukan puasa sunnah ini akan menambah amal ibadah bagi siapa saja yang melaksanakannya. Contoh puasa sunnah ini adalah puasa senin kamis dan beberapa contoh puasa sunnah lainnya.

Puasa sunnah senin kamis ini dilakukan pada hari senin dan kamis. Sebagai umat islam boleh melakukan ibadah ini setiap saat di hari senin dan kamis secara rutin dan boleh juga untuk melaksanakan sesuai keinginan karena merupakan puasa yang disunnahkan. Semakin sering menjalankan puasa sunnah maka semakin bertambah pula amal ibadahnya.

Sama halnya ketika ingin menjalankan puasa wajib. Ketika ingin menjalankan puasa sunnah juga ada niatnya. Menjalankan puasa sunnah ini dari segi keagamaan tentu saja lebih mendekatkan diri kepada sang pencipta. Namun walaupun begitu untuk segi kesehatan sendiri menjalankan puasa sunnah senin kamis ini sangat baik untuk metabolisme tubuh. Sehingga tubuh tidak akan kelebihan asupan makanan. Tubuhpun akan lebih sehat ketika rutin berpuasa.

Ada banyak manfaat yang bisa dirasakan bagi siapa saja yang menjalankan puasa sunnah ini. Sehingga walaupun sunnah banyak juga yang menjalankannya terutama untuk bisa lebih mendekatkan diri kepada Tuhan . Niatkan diri sebelum melakukan puasa sunnah senin kamis. Untuk membuat puasa lebih rutin anda juga bisa memperhatikan kalender jadwal puasa sunnah untuk membuat anda lebih mudah menentukan kapan anda harus menjalankan puasa sunnah.

Pentingnya Niat Sebelum Berpuasa

Niat Sebelum Berpuasa
ilustrasi Niat Sebelum Berpuasa (photo: pixabay.com)

Sebagai umat islam menjalankan ibadah berpuasa bukanlah hal yang baru. Setiap tahun para umat islam di seluruh dunia pasti menjalankan ibadah puasa wajib di bulan Ramadhan. Pada dasarnya puasa wajib dengan puasa sunnah sama. Mulai dari menjalankannya juga sama. Bedanya hanyalah pada waktu pelaksanaannya. Niat untuk menjalankan puasa juga berbeda.

Menjalankan ibadah puasa membutuhkan niat yang benar – benar kuat. Menahan diri dari lapar dengan tidak makan dan minum mungkin mudah untuk dilakukan semua umat muslim. Namun untuk menahan diri agar tidak melakukan berbagai hal yang mampu membatalkan puasa atau menghindari berbagai hal agar bisa mendapatkan pahala puasa bukanlah hal yang mudah. Karena itulah sangat penting untuk meniatkan diri agar menjalankan ibadah puasa dengan penuh pahala.

Niat puasa sunnah senin kamis ini cukup mudah untuk dilakukan. Niatnya adalah saya meniatkan ibadah puasa sunnah pasa hari senin karena Allah ta’ala. Jika ingin menjalankan ibadah puasa di hari kamis maka tinggal menyebutkan saya meniatkan diri ibadah puasa sunnah hari kamis karena Allah ta’ala.

Menjalankan sesuatu hal itu memang harus diawali dengan membaca doa. Tujuannya adalah untuk mendapatkan ridho dari Allah untuk mengerjakan hal tersebut, dipermudah, dan yang pastinya bisa mendapatkan hasil sesuai dengan keinginan. Membaca niat untuk puasa sunnah ini memang berbeda dengan membaca niat berpuasa wajib di bulan Ramadhan.

Niat puasa tidak harus mengucapkan melalui bahasa arab ketika tidak tahu doanya. Terpenting niat yang diucapkan di tujukan dengan benar. Niat puasa sunnah yang sudah tertera di atas bisa dijadikan sebagai niat sebelum anda menjalankan puasa sunnah senin kamis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *