Peci di Indonesia tidak hanya sebatas menjadi bagian dari busana muslim dan identitas umat Islam saja. Lebih dari itu secara nasional peci sudah menjadi sesuatu yang “wajib” digunakan dalam acara formal. Coba lihat gambar kepala daerah dan juga kepala negara hampir bisa dipastikan semuanya memakai peci dalam foto resmi. Sehingga peci bisa disebut sebagai bagian dari pakaian resmi.

Pada umumnya memang peci yang digunakan adalah yang berwarna hitam polos. Tetapi peci bukan hanya ada di Indonesia saja dan bukan hanya berwarna hitam. Di berbagai belahan negara lainnya juga memiliki peci khas mereka. Dan warna pecinya bukan hanya hitam saja melainkan putih dan beberapa warna yang lainnya. Kali ini kita akan membahas berbagai peci putih dari negara di seluruh dunia.

Peci sebelum dikenal di Indonesia awalnya berasal dari Turki. Bentuk dan model peci yang kita lihat sekarang juga bermacam-macam yang kemungkinan besar juga dipengaruhi oleh peci dari negara tertentu. Semua bisa diketahui dari nama dan jenis peci yang ada di seluruh dunia seperti yang disebutkan di bawah ini.

Model dan Nama Peci dari Seluruh Dunia

pixabay.com

Songkok atau Kopiah

Di Indonesia peci sering juga disebut dengan nama songkok. Menurut sejarah dulu peci songkok ini menjadi bagian dari pakaian khas dalam berperang melawan penjajah. Songkok atau peci yang paling dikenal di Indonesia adalah yang berwarna hitam polos dengan bahan sejenis beludru.

Dari segi bahasa, peci berarti penutup pada bagian tubuh yang bisa memancarkan energi ke arah 8 penjuru angin. Pe memiliki arti delapan, chi artinya adalah energi. Itulah penjelasan tentang arti peci di atas. Peci atau songkok menjadi terkenal di Indonesia sejak dikenakan oleh Presiden Soekarno yang menjadikannya sebagai bagian dari lambang perjuangan.

Fez atau Tarbush

Fez adalah peci khas Turki yang disebut juga dengan nama fezzy atau phecy. Pada lidah orang Indonesia sebutan itu menjadi peci. Hingga sekarang topi khas tersebut dikenal dengan nama peci oleh masyarakat Indonesia. Di Turki fez atau peci khas tersebut bukan hanya dikenakan oleh mereka yang beragama Islam saja tetapi juga oleh penganut agama lainnya.

Karakul

kalau Anda penggemar film India perhatikan bagaimana bentuk dan model peci yang dikenakan. Peci yang terbuat dari rambut domba tersebut awalnya berasal dari Afghanistan tetapi kemudian menjadi bagian dari pakaian pria Asia Selatan dan Asia Tengah. Bentuk dari karakul mirip dengan songkok orang Indonesia hanya saja agak sedikit lancip pada bagian atasnya.

Karakul memiliki bulu-bulu pada permukaannya, tidak halus seperti songkok yang biasa dipakai pria Indonesia. Anda bisa menanyakan bagaimana model karakul saat akan belanja fashion muslim.

Papakha

Yang disebut dengan papakha adalah peci atau topi khas milik umat muslim di daratan Rusia. Tepatnya adalah umat Islam yang ada di Chechnya yang merupakan negara pecahan Uni Soviet. Umat Islam di sana disebut dengan muslim Chechen. Papakha dibuat dari bahan wool dan berbentuk bulat.

Peci papakha memiliki bobot yang cukup berat sehingga orang yang mengenakannya lebih sulit untuk membungkuk kepalanya. Sedangkan kata papakha yang digunakan sebagai nama peci tersebut asalnya dari bahasa Turki. Warnanya ada yang putih dan ada yang hitam.

Di Indonesia sendiri ada beberapa model peci yang cukup digemari dan laris dipasaran. Jenis dan model peci yang banyak penggemarnya tersebut antara lain seperti yang disebutkan berikut ini.

Model Peci yang Digemari

pixabay.com

Peci Hitam Al Ghazalah

Pada dasarnya peci ini merupakan modifikasi dari songkok hitam yang umum dipakai. Hanya saja pada peci Al Ghazalah ditambahkan detil motif tertentu di sekelilingnya. Motif tersebut bisa menggunakan satu warna saja misalnya biru, emas atau putih. Atau bisa juga menggunakan paduan beberapa warna.

Karena adanya motif pada sekeliling peci itulah yang membuat peci Al Ghazalah ini cukup banyak penggemarnya di kalangan anak muda. Para seniman juga sering memakainya saat menghadiri acara keagamaan atau acara resmi tertentu. Peci ini membuat kesan modis dan tetap gaul dalam balutan pakaian khas muslim.

Peci Haji

Model yang juga cukup digemari adalah peci atau kopiah haji seperti yang sering dipakai oleh almarhum Ustadz Arifin Ilham. Dinamakan peci haji karena memang biasa dipakai oleh orang yang baru pulang dari tanah suci dan kebanyakan dijual pada musim haji.

Peci Uje

Siapa yang tidak kenal dengan almarhum Uje atau Ustadz Jefri Al Bukhori? Setelah beliau meninggal dunia karena kecelakaan justru model peci yang menjadi ciri khasnya banyak diminati. Banyak anak muda yang senang memakai peci uje dalam berbagai kesempatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *