Penataan toko kelontong yang baik sangat diperlukan. Penataan seperti ini akan membuat persaingan dengan minimarket semakin sehat. Anda tidak akan kalah jauh dari minimarket yang menjual produk serupa.

Toko kelontong sangat menjanjikan. Produk yang dijual sangat dibutuhkan oleh konsumen. Hal inilah yang membuat pelaku besar juga menekuninya.

Salah satu contohnya adalah minimarket. Pelaku bisnis ini memberikan tekanan hebat bagi pemilik toko kelontong. Diantaranya dengan menyediakan produk serupa yang lebih lengkap, serta harganya yang bersaing.

Sebagai pelaku bisnis, Anda sebenarnya tidak perlu khawatir dengan fenomena tersebut. Justru itu harus dijadikan semangat untuk merubah penampilan agar semakin baik. Contohnya dengan menciptakan penataan toko kelontong yang lebih baik.

Kenapa Toko Kelontong Perlu Ditata Serapi Mungkin?

pexels.com

Sesekali Anda perlu memperhatikan kenapa minimarket begitu ramai dengan konsumen. Dari sini, Anda bisa melihat informasi secara pasti. Informasi inilah yang nantinya diambil untuk dicontoh pada bisnis Anda.

Jika dilihat dari sekilas, kunci ramainya konsumen terlihat pada penataan toko. Nyatanya, penataan yang baik punya andil besar untuk menarik para konsumen. Padahal jika dilihat dari harga produknya, harganya tidak berbeda jauh.

Dengan kata lain, alasan utama seorang pebisnis perlu melakukan penataan tokonya adalah supaya konsumen lebih nyaman di dalamnya. Kenyamanan konsumen sewaktu berbelanja akan membuat konsumen lebih loyal di tempat tersebut.

Ketika mencari produk, konsumen dengan mudah untuk mendapatkannya. Kemudian pelanggan juga merasa bahwa toko kelontong yang Anda bangun tidak kalah dengan minimarket. Makanya, pelanggan masih setia untuk membeli produk di toko Anda.

Alasan lainnya adalah untuk menciptakan citra yang lebih baik. Citra yang baik ini juga berdampak pada strategi pemasaran yang lebih baik. Citra yang dibangun dengan baik akan membuat pelanggan semakin banyak.

Contohnya adalah pelanggan bisa merekomendasikan tempat Anda pada orang lain. Yakni bila mencari produk sejenis yang didapatkan dari minimarket. Dengan begitu, toko kelontong Anda akan semakin maju dan keuntungan akan semakin besar.

Caranya Menata Toko Kelontong Yang Baik

pexels.com

Demi mendukung kenyamanan dan loyalitas konsumen, penataan ini wajib dilakukan. Jika Anda belum tahu caranya melakukan penataan, tidak masalah jika Anda mengintip bagaimana minimarket menata bisnisnya. Secara umum, penataannya seperti berikut ini.

  1. Manfaatkan Rak Besar Untuk Produk

Rak sangat diperlukan untuk menempatkan sejumlah produk. Produk yang ditata di dalam rak akan mudah dijumpai oleh pelanggan. Yang diperlukan, pilihlah rak yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Ukurannya sesuai dengan luas ruangan. Kemudian pastikan untuk tidak memberikan sekat pada masing-masing rak. Fungsinya untuk membuat ruangan terlihat semakin luas.

Luasnya ruangan memungkinkan pelanggan untuk mendapatkan kenyamanan selama berburu produk. Dan ini bisa menjadi nilai plus yang bakalan membuat pelanggan semakin loyal di toko Anda.

  1. Permudah Konsumen Dalam Menemukan Produk

Di sini, Anda diharuskan untuk menata beberapa produk sejenis di tempat yang sama. Jangan sampai menempatkan produk yang sama di area yang terpisah. Karena ini bisa membingungkan pelanggan.

Misalnya rak di bagian kanan untuk produk makanan, dan bagian kiri untuk produk yang berkaitan dengan perlengkapan mandi. Usahakan untuk memisahkan berbagai jenis produk. Tapi pastikan menempatkan di area yang sama untuk produk serupa.

  1. Tempatkan Produk di Sekitar Kasir

Tidak dipungkiri jika ada beberapa pelanggan yang ingin mendapatkan produk lebih mudah. Salah satu caranya adalah dengan menempatkan produk tertentu di dekat kasir. Penempatan ini memungkinkan pelanggan yang ga ingin ribet dapat memperoleh barang lebih cepat.

  1. Lengkapi Alat Bantu Transaksi

Setelah melakukan penataan yang baik, Anda juga harus meningkatkan layanan dalam hal transaksi. Software kasir perlu disediakan di bagian kasir.

Fungsi utama dari software ini tak lain untuk mencatat dan menghitung besaran biaya pembelian dari masing-masing pelanggan. Cepatnya dalam menghitung biaya memungkinkan pelanggan akan semakin puas.

Setelah dihitung, software ini bisa segera mencetak struk pembayaran dari setiap pembeli. Pembeli cukup mengeluarkan biaya sesuai yang tertera. Dengan cepatnya proses perhitungan, antrian pelanggan tidak akan terjadi.

  1. Ciptakan Penerangan Yang Bagus

Selain menata ruangan lebih rapi, Anda juga harus mengimbanginya dengan penerangan yang bagus. Penerangan ruangan memungkinkan pelanggan lebih mudah menemukan barang yang diincar.

Tak hanya itu saja, usahakan untuk disiplin dan menjaga kebersihannya. Karena hal ini berpengaruh pada suasana yang dirasakan oleh pelanggan. Semakin baik suasananya, pelanggan akan semakin loyal.

Kesimpulannya, penataan ruangan merupakan penentu dari pengalaman pelanggan di sebuah toko. Jadi, penataan toko kelontong yang baik secara tidak langsung akan mengikat pelanggan untuk setia di toko tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *