Usaha jasa sablon kaos menjadi salah satu jenis usaha yang cukup ramai di Indonesia. Mengingat minat masyarakat pada kaos sablon yang juga terus meningkat, maka tentunya memerlukan teknik sablon yang efektif dan efisien untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi. Nah seiring berkembangnya teknologi, maka saat ini muncul berbagai teknik sablon kaos salah satunya adalah teknik sablon DTG.

Teknik sablon DTG (Direct to Garmen) adalah salah satu teknik sablon yang menggunakan mesin cetak. Dalam hal ini tinta akan langsung ditempelkan pada kain melalui proses pre-treatment yang kemudian diakhiri dengan proses heatpress. Yang menjadi salah satu keunggulan dari teknik DTG adalah hasil sablonnya yang lebih halus dengan berbagai warna yang cerah. Adapun tinta yang digunakakn adalah tinta khusus garment yang membuatnya tidak mudah luntur saat dicuci.

Seiring perkembangan waktu, sablon DTG pun juga terus dikembangkan dan menjadi salah satu teknik sablon yang paling banyak digunakan di Indonesia. Pada awalnya mesin cetak atau printer DTG hanya mampu mencetak sablon dengan ukuran A4 saja serta tidak mampu mencetak pada objek atau kaos yang berwarna gelap. Namun seiring perkembangannya, mesin printer DTG pun telah diinovasi sehingga mampu mencetak ukuran A3 dan juga bisa mencetak sablon pada berbagai warna kaos.  Nah untuk printer DTG memang memiliki kemampuan untuk mencetak desain pada berbagai jenis permukaan kaos atau t-shirt bahkan dengan kualitas terbaik sekalipun.

Iya dengan menawarkan kecepatan produksi sablon kaos, printer DTG menjadi salah satu alat sablon yang cukup banyak diminati. Selain itu proses sablon dengan menggunakan sistem DTG ini juga memungkinkan Anda untuk mencetak sablon pada kaos putih maupun kaos warna. Namun proses sablon pada kaos putih atau kaos warna tersebut terdapat proses yang berbeda. Yang membedakan adalah pada kaos berwarna putih proses print cukup dilakukan satu kali dan tidak memerlukan tinta putih. Sedangkan pada kaos sablon berwarna selain putih proses print dilakukan dua kali dan memerlukan tinta putih. Sablon yang dihasilkan pun juga akan berbeda yang mana warna sablon pada kaos putih akan lebih meresap bahkan hingga ke serat kain. Sedangkan untuk kaos warna, hasilnya akan sedikit timbul karena sebelum menempelkan gambar sablon kaos terlebih dahulu dilapisi dengan tinta putih. Untuk harganya pun juga berbeda yang mana harga lebih murah untuk kaos putih.

Keunggulan Sablon Kaos DTG

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Teknik sablon DTG saat ini cukup banyak diminati oleh para penyedia jasa sablon kaos. Iya teknik DTG bisa dibilang merupakan salah satu teknik sablon modern yang mana proses pengerjaannya memanfaat mesin cetak DTG. Selain itu teknik sablon DTG juga memiliki beberapa keunggulan. Adapun beberapa keunggulannya yaitu sebagai berikut:

  • Teknik sablon DTG memungkinkan untuk mencetak sablon dengan tingkat kerumitan yang tinggi mulai dari gambar wajah orang, dan gambar-gambar yang lain.
  • Lebih mudah dalam mencetak kaos baik satuan maupun dalam jumlah banyak dan tidak terlalu berpengaruh pada biaya pembuatan.
  • Proses percetakan yang lebih simpel dan lebih bebas dalam memilih desain dan warna.
  • Proses pengerjaan yang lebih cepat sehingga dapat menerima dateline lebih cepat dalam jumlah yang banyak.

Selain itu hasil sablon dari teknik DTG ini juga diklaim memiliki kualitas yang baik bahkan sablon DTG telah menjadi standar sablon internasional. Sablon DTG juga banyak digunakan vendor-vendor kaos ternama. Meskipun proses percetakannya cukup cepat, namun hasil sablonnya tetap awet, desainnya lebih bebas, simpel, serta hasilnya sangat memuaskan.

Berbicara soal tingkat keawetannya, sablon DTG diklaim memiliki tingkat keawetan yang cukup bagus. Yang menjadi daya tarik dari hasil sablon DTG adalah warnanya yang tajam serta cetakannya yang halus. Penggunaan tinta garmen pada proses pengerjaannya membuat hasil sablon tidak mudah rusak bahkan saat di setrika. Hal ini karena tinta menyerap ke dalam serat kain sehingga akan menempel lebih kuat.

Teknik DTG memang menjadi banyak pilihan para penyedia jasa sablon kaos. Hal ini karena memang teknik DTG memiliki keunggulan pada sisi proses pengerjaannya yag mudah dan cepat. Bahkan untuk kaos putih, proses sablon dapat diselesaikan dalam waktu kurang lebih 5 sampai 8 menit untuk sablon ukuran A3. Sedangkan untuk kaos warna selain warna putih, maka waktu yang dibutuhkan kurang lebih 15 sampai dengan 20 menit untuk ukuran sablon A3. Yang jelas untuk pengerjaan sablon dengan ukuran yang lebih kecil maka proses pengerjaan pun akan semakin cepat.

Sablon DTG menjadi salah satu teknik yang mudah diterapkan pada beberapa jenis kaos. Iya Anda bisa menggunakan jenis kaos cotton carded, cottod comber, polo, lacoste, TC, dan lain sebagainya. Nah untuk menjaga tingkat keawetannya, Anda dapat melakukan perawatan dengan benar pada kaos sablon Anda. Hal ini dapat dilakukan dengan cara merendam kaos dalam waktu yang tidak terlalu lama, hindari mencuci dengan mesin cuci, tidak menggunakan pemutih, jemur kaos ditempat yang tidak terlalu panas karena hal tersebut dapat membuat warna sablon menjadi cepat pudar.

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *