Dapur menjadi tempat yang sangat penting untuk rumah tangga, karena dapur merupakan tempat untuk mengolah makanan dan menyimpan makanan yang akan di makan keluarga untuk sehari-hari, sehingga dapur harus bersih dan aman dari kuman.

Apalagi hewan yang menjijikan seperti kecoa dan tikus, Oleh karena itu penataan dapur harus di perhatikan dengan serius agar barang-barang anda selalu rapih dan terhindar dari kotoran, kuman dan anda pun akan terasa nyaman ketika sedang memasak di dapur sehingga keluarga anda akan menyantap makanan dengan lahap karena makanan yang bersih, enak dan sehat.

Set furnitur dapur menjadi satu-satunya solusi yang dapat anda pilih untuk merapihkan dapur anda, disamping dapur anda rapih dapur anda juga akan terkesan memiliki konsep dan tidak asal-asalan.

Saat ini banyak produsen furnitur yang memproduksi kitchen set dengan berbagai konsep untuk dapur anda sehingga anda bisa memilih sesuai selera seperti kitcen set modern hinga kithchen set yang di produksi lokal dari furnitur jepara.

unsplash.com

Rancangan set furnitur dapur

Adapun selain konsep anda juga harus memperhatikan tata letak set furnitur dapur agar anda nyaman dalam memasak dan melakukan kegiatan di dapur. Berikut kami berikan beberapa petunjuk untuk merancang set furnitur dapur yang nyaman untuk anda.

  1. Area persiapan, berupa area yang di sediakan untuk menyiapkan bahan makanan yang akan di masak seperti untuk memotong-motong bahan makanan dan untuk meletakan bahan makanan yang akan di masak
  2. Area memasak, merupakan area yang digunakan untuk memasak biasanya disini di letakan kompor pastikan area memasak ini selalu rajin untuk di lap dan di bersihkan agar tidak banyak kuman yang menempel pada kompor karena kompor rawan terkena minyak yang menyebabkan jamur dan kuman tumbuh
  3. Area penyajian, merupakan area yang di siapkan untuk menyajikan makanan yang sudah matang. Oleh sebab itu area ini harus bersih dan tidak boleh kotor sedikitpun karena nantinya makanan yang sudah matang akan di letakan di sini, anda juga bisa menambahkan keranjang buah maupun toples kerupuk di area penyajian ini.
  4. Kabinet atas, bagian ini berfungsi untuk menyimpan bumbu kering, menyimpan rak piring dan gelas, serta menyimpan bahan atau bumbu dapur yang tidak perlu di masukan ke dalam kulkas. Pastikan sebelum membuat kitchen set ukur terlebih dahulu untuk cabinet atasnya agar di sesuaikan dengan tinggi badan anda sehingga anda tidak kesulitan menjangkau cabinet yang letaknya berada di atas anda.
  5. Cabinet bawah, cabinet ini menjadi bagian yang sangat penting dan memiliki space yang paling luas diantara yang lainnya karena cabinet bawah di gunakan untuk menyimpan berbagai perkakas seperti wajan, panic dan bahkan tabung gas. Oleh karena itu, kabin bawah juga harus selalu di jaga kebersihannya agar terhindar dari berkembangnya kuman maupun hewan yang kotor.

Itulah beberapa rancangan dasar kitchen set yang harus ada di dalam dapur, setelah anda menentukan rancangan maka anda perlu merancang konsep dari dapur itu sendiri agar anda nyaman ketika memasak dan melakukan aktifitas di dapur.

unsplash.com

Konsep Rancangan Dapur

Ada beberapa konsep rancangan dapur yang perlu anda ketahui agar anda dapat memilih konsep sesuai yang anda inginkan, berikut beragam konsep rancangan dapur yang dapat anda pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan anda

1. Dapur bentuk L

Konsep dapur ini menjadi konsep dapur yang paling banyak di gunakan oleh para ibu rumah tangga karena selain bentuknya yang simpel konsep ini juga memberikan kesan yang luas untuk dapur anda sehingga sangat cocok untuk anda yang memiliki dapur dengan ukuran kecil sehingga ruangan dapur menjadi lebih maksimal penggunaanya.

2. Dapur Bentuk U

Untuk dapur bentuk U ini menjadi salah satu pilihan jika anda ingin mengoptimalkan semua ruangan deapur namun tetap terlihat bagus dan bahkan elegan. Dapur berbentuk U ini cocok untuk rumah yang memiliki dapur cukup besar.

unsplash.com

3. Dapur Bentuk G

Pada dasarnya dapur ini memiliki konsep yang hampir mirip dengan dapur konsep U hanya saja pada bagian ujung di berikan sentuhan tambahan mini bar yang dapat di gunakan untuk duduk 2 sampai 3 orang. Dapur konsep G ini sangat cocok untuk rumah yang luas dengan dapur yang bersih dan luas serta modern, dengan dapur konsep G ini bahkan dapur anda akan terlihat seperti restaurant bar yang elegan dan berkelas.

Demikianlah beberapa contoh set furnitur dapur yang dapat anda contoh atau dapat anda beli di toko-toko furniture di tempat anda.

Sebelum membeli set furnitur dapur yang pertama pastikan dulu konsep dapur anda kemudian selanjutnya pilih material yang berkualitas serta awet dan tahan lama, setelah itu pilih bahan yang mudah di bersihkan agar dapur anda tidak mudah kotor dan bisa dengan mudah di bersihkan ketika terkena cipratan minyak, kuah makanan, tumpahan makanan atau minumana dan lainnya sehingga dapur anda terhindar dari kuman dan kotor.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *