Daging bebek dipercaya lebih kaya manfaat dan rasanya lebih gurih, dibandingkan dengan daging ayam.  Bebek petelur juga bisa dimanfaatkan dagingnya, ketika sudah tidak lagi aktif bertelur, atau memasuki masa afkir. Namun untuk menghasilkan daging bebek yang mudah diolah dan teksturnya empuk, peternak bebek sebaiknya memilih jenis bebek pedaging yang unggul. Sudah tahu ciri ciri bebek pedanging yang berkualitas? Yuk simak ulasannya!

 

5 Ciri Bebek Pedaging Yang Unggul

 

  1. Bebek Peking

 

Jenis bebek yang berasal dari Peking China ini, sekilas memang lebih mirip entok karena ukuran tubuhnya yang cukup besar. Bebek Peking merupakan salah satu jenis bebek pedaging yang banyak diminati di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Ciri cirinya adalah paruh dan kakinya berwarna kuning, dengan warna bulu dominan putih. Bobot bebek Peking bisa mencapai 3,5 kg, selama perawatan intensif dalam waktu 2 hingga 3 bulan.

 

  1. Bebek PMP

 

Bebek PMP adalah bebek hasil kawin silang bebek Peking dan bebek petelur Mojosari Putih. Jenis bebek yang kulitnya berwarna putih bersih ini, memiliki daging yang berkualitas tinggi. Bobot badannya bisa mencapai 2,5 kg, meski baru berusia 10 minggu atau sekitar 2,5 bulan. Jika dikawinsilangkan dengan Entok jantan, bebek PMP bisa menghasilkan bebek Serati yang beratnya mencapai 3 kg dan mampu bertelur di usia 5,5 bulan.

 

  1. Bebek Raja

 

Jenis bebek ini dikenal dengan sebutan bebek MA, karena merupakan hasil perkawinan silang bebek Mojosari dan bebek Alabio. Ciri ciri bebek Raja betina adalah berwarna coklat kemerahan, sedankan yang jantan berbulu coklat kehitaman. Bebek Raja betina paling banyak diunggulkan sebagai bebek pedaging, karena memiliki daging yang lebih tebal. Jenis bebek yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru ini, sudah siap dipotong saat berumur 6 bulan.

 

  1. Bebek Aylesbury

 

Bebek Aylesbury adalah salah satu jenis bebek pedaging yang paling unggul, karena berat badannya bisa mencapai 4,5 kg. Bebek yang namanya diambil dari nama suatu tempat di Inggris ini, berwarna seputih salju dengan warna kaki jingga dan mata kebiruan. Seekor bebek Aylesbury hanya mampu bertelur sebanyak 100 butir setiap tahunnya.

 

  1. Bebek Tiktok

 

Perkawinan silang entok betina dan bebek lokal jantan menghasilkan bebek Tiktok, yang banyak ditemukan di Pulau Jawa terutama di Ciawi Bogor. Jenis yang memiliki ketahanan tubuh super ini, memiliki ciri ciri bebek jantan yang ukurannya lebih besar dibandingkan bebek Tiktok betina. Di usia sekitar 2 hingga 2,5 bulan, bobot bebek Tiktok bisa mencapai 2,5 kg. Dagingnya cukup tebal dibandingkan jenis bebek lain, dan rasanya lebih gurih.

 

Kelima bebek pedaging tersebut merupakan jenis bebek unggulan, yang banyak diternak untuk menghasilkan daging yang berkualitas. Dengan pemeliharaan yang tepat dan pakan bebek yang bernutrisi tinggi, bebek pedaging unggulan sudah bisa dipotong pada usia sekitar 2 hingga 3 bulan dengan bobot yang mencapai 3 kg. Berminat mencoba?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *