Karpet adalah sebuah furniture yang digunakan sebagai alas untuk duduk lesehan agar tidak langsung bersentuhan langsung dengan lantai yang dingin. Jika ingin membeli sebuah karpet maka kamu harus selalu rutin membersihkan karpet mu tersebut. Karena jika tidak di bersihkan maka menjadi sarang bagi para jamur.

Ketika kamu sudah bersarang di karpet maka hal yang harus kamu lakukan adalah menghilangkan jamur tersebut dari karpet atau how to get mold out of carpet. Dan jika kamu belum memiliki karpet, pada artikel kali ini akan akan membagikan beberapa tips untuk membeli karpet yang tepat dan sesuai kebutuhan. Berikut ini adalah beberapa tips ketika kamu ingin membeli sebuah karpet.

1. Sesuaikan ukuran

Hal pertama yang harus kamu perhatikan dan pertimbangkan ketika membeli sebuah karpet adalah menyesuaikan ukuran karpet tersebut dengan ukuran ruangan yang akan kamu pilih sebagai lokasi meletakan karpet yang kamu beli. Terlebih dahulu kamu ukur ruangan tersebut agar bisa sesuai dengan karpet yang akan kamu belikan nanti. Jangan sampai kamu sudah membeli sebuah karpet dengan ukuran sekian, namu ketika ingin di letakan pada ruangan yang kamu inginkan malah terlalu besar atau terlalu kecil. Kan jadi nya sayang. Maka dari itu, mengukur ruangan terlebih dahulu adalah hal yang wajib kamu pertimbangkan dan kamu perhatikan sebelum membeli sebuah karpet agar tidak salah dalam memilih karpet tersebut.

unsplash.com

2. Material

Hal berikutnya yang harus kamu pertimbangkan adalah perihal material atau bahan dasar yang digunakan dalam pembuatan karpet tersebut. Ada berbagai macam bahan dasar yang digunakan dalam pembuatan karpet. Beberapa bahan dasar tersebut antara lain adalah wol, sutra, nilon, sisal, plastik sintesis, katun, kulit hewan, Vinyl, polypropylene dan masih banyak bahan atau material yang lain. Kamu juga harus mempertimbangkan bahan tersebut dengan cuaca atau iklim dan hawa udara yang sering terasa di lokasi tempat mu bermukim. Sebagai contoh jika kamu tinggal di tempat yang memiliki udara dingin maka disarankan untuk membeli karpet dengan bahan dasar kain wol. Karena wol akan dapat memberi kehangatan pada tubuh mu.

3. Motif

Hal berikutnya yang bisa menjadi pertimbangan ketika kamu membeli sebuah produk karpet adalah mengenai motif. Kamu bisa mencari karpet yang sesuai dengan keinginan dan selera mu. Motif-motif yang banyak beredar di pasaran adalah semisal motif bunga, motif ukiran, motif bergaya klasik, motif bergaya modern dan lain sebagainya. Kamu bisa memadukan motif pada karpet tersebut dengan dekorasi pada ruangan di rumah mu agar bisa selaras dan memberi kesan yang indah serta harmonis. Dengan kamu memilih motif karpet yang sesuai dan tepat dengan nuansa ruangan di rumah mu maka akan membuat desain interior dari ruangan tersebut menjadi lebih cantik dan elegan.

unsplash.com

4. Warna

Dalam membeli sebuah karpet kamu juga harus menentukan dari segi warna. Jangan asal-asalan membeli karpet. Warna tersebut juga kamu bisa selaraskan dengan warna dinding atau tempok di ruangan dalam rumah. Warna-warna karpet yang beredar di pasaran ada berbagai macam mulai dari warna merah, putih, biru, kuning, perpaduan warna, gradasi warna dan lain sebagainya. Kamu bisa membeli karpet dengan warna yang terang agar memberi kesan semangat dan ceria. Bisa juga memilih karpet dengan warna yang gelap agar menimbulkan kesan deep atau kamu bisa membeli karpet dengan warna yang di kombinasikan agar ruangan menjadi lebih atraktif san juga warna-warni.

5. Fungsional

Jangan lupa juga kamu harus mempertimbangkan dari sisi fungsional atau kegunaan sebuah karpet tersebut. Jangan sampai kamu membeli sebuah karpet hanya karena mempertimbangkan dari segi keindahan semata tanpa memperhatikan akan difungsikan untuk apa karpet yang kamu beli tersebut. Sebagai contoh jika kamu ingin meletakan karpet tersebut pada ruang tamu atau ruang kumpul keluarga, maka kamu bisa membeli karpet dengan ukuran yang lebih lebar dan panjang. Atau jika kamu ingin membeli karpet untuk kamar mandi maka kamu beli karper dengan bentuk bulat dan tidak lebar. Dan jika kamu membeli karpet untuk tempat yang sering menjadi lintasan berjalan bagi banyak orang di rumah mu maka kamu membeli karpet anti selip yang tidak licin. Begitu juga dengan fungsi-fungsi lain sesuaikan saja dengan kebutuhan mu.

unsplash.com

6. Budget

Hal terakhir yang tidak kalah penting dan yang menjadi landasan dasar apakah semua tips diatas bisa dilakukan adalah permasalahan budget atau modal untuk membeli sebuah karpet. Harga dari karpet sendiri bervariasi ada yang murah dan ada juga yang mahal. Kamu bisa menyesuaikan budget yang kamu miliki dengan harga dari karpet tersebut. Dan jika kamu ingin membeli karpet dengan kualitas terbaik seperti contoh karpet dengan bahan dasar atau material sutra yang merupakan karpet termahal, namun budget mu belum mencukupi. Maka kamu harus menambung terlebih dahulu agar bisa membeli karpet tersebut. Dan jika di rasa kamu sedang urgent membutuhkan karpet, maka beli saja karpet yang sesuai dengan budget yang kamu miliki dan pilihlah karpet berdasarkan beberapa tips yang telah kamu ketahui diatas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *