Trend salon muslimah kini sedang ramai seiring dengan meningkatknya popularitas jilbab dengan berbagai macam model dan jenisnya. Sebenarnya, salon muslimah tidak beda jauh dengan salon konvensional pada umumnya. Hanya saja mungkin berbeda tata cara dan adab dari para pegawai salon yang tidak boleh bertentangan dengan hukum-hukum syariat. Semisal menyambung rambut atau memotong rambut alis dan lain sebagainya.

Tips membuka usaha salon untuk muslimah

Pada artikel kali ini kami akan membahas secara rinci menganai usaha salon muslimah mulai dari perlengkapan sampai dengan cara promosi. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membuka atau menjalan usaha salon untuk muslimah. Simak penjelasan dari artikel yang ada di bawah ini.

1. Skill

Hal yang pertama harus kamu punya tentu saja skill. Skill atau kemampuan yang harus kamu punya semisal memotong rambut dengan baik dan benar dan hal-hal yang berkaitan dengan salon.

Jika kamu tidak punya skill untuk semua yang berkaitan dengan usaha salon akan tetapi kamu ingin tetap membuka usaha salon, maka yang harus kamu lakukan adalah mencari karyawan yang memiliki skill mumpuni.

2. Lokasi

Hal berikutnya yang harus kamu lakukan adalah mencari lokasi yang strategis untuk membuka usaha salon tersebut. Lokasi sangat berperan penting untuk perkembangan bisnis salon tersebut.

Kamu harus mencari lokasi untuk usaha salon muslimah yang tepat dan strategis. Semisal kamu menyewa sebuah ruko di kawasan yang ramai seperti di tengah perkotaan, dekat dengan pasar atau mall dan berlokasi tak jauh dari pusat keramaian atau ruang publik.

Dengan menyewa ruka di tempat seperti itu maka usaha salon mu akan bisa menjangkau banyak pelanggan. Jangan kamu menyewa ruka di tempat yang tidak bisa terjangkau banyak orang atau tempat nya tida strategis. Kalau kamu membuka ruko di tempat semacam itu, secara tidak sadar kamu telah mematikan usaha salon mu sendiri.

3. Peralatan salon

Setelah menentukan lokasi yang tepat dan strategis, hal berikutnya yang harus kamu lakukan adalah melengkapi peralatan yang berkaitan dengan salon. Peralatan tersebut antara lain adalah sisir, hair dryer, flat iron, hair curler, hot rollers, hair clip, gunting rambut, hair clipper, hair trimmer, hair brushes, backwash unit, hair styling chair, hair styling station, hair steamer,  hood dryer, handuk dan juga salon troler. Itulah peralatan lengkap yang harus kamu sediakan jika ingin membuka atau menjalankan sebuah usaha salon. Dan jika Kalian ingin membuat produk sendiri untuk digunakan di salon bisa menggunakan jasa maklon kosmetik terpecaya.

4. Aktivitas harian

Kamu juga harus memperhatikan hal-hal kecil di setiap hari nya. Semisal penggunaan daya listrik. Kamu harus cermat menghitung pengeluaran bulanan agar bisa menghemat biaya listrik. Jika suatu alat tidak di perlukan maka jangan terus di colokan pada aliran listrik agar tidak memakan banyak biaya.

Tips Agar Usaha Salon Sukses

Berikut ini adalah beberapa tips agar usaha salon mu bisa lebih maju. Simak penjelasan dari artikel yang ada di bawah ini.

1. Fokus pelayanan terbaik

Tips pertama yang harus kamu terapkan agar usaha salon mu sukses dan membuat pelanggan senang adalah kamu harus fokus pada pelayanan atau service dari salon mu. Ketika pelayanan yang kamu berikan terbaik dan sepenuh hati, maka para pelanggan tentu akan merasa senang dengan pelayanan mu.

Mereka bakal sering datang ke salon mu karena pelayanan yang kamu berikan membuat mereka senang dan puas. Begitu juga sebaliknya, Jika kamu melayani para konsumen dengan asal dan sembarang, maka mereka juga hanya akan sekali dalam seumur hidup datang ke salon mu.

2. Harga dan treatment

Tips berikutnya adalah harga dan treatment harus sesuai. Jika kamu mematok harga yang tinggi, maka pastikan juga pelayanan dan treatment nya sesuai dengan harga tersebut. Jangan kamu mematok harga yang tinggi namun pelayanan mu ala kadarnya dan tentu itu akan membuat pelanggan enggan datang kembali ke salon mu tersebut.

3. Membuat webiste

Tips berikutnya yang harus kamu lakukan agar usaha salon mu bisa sukses adalah membuat sebuah website yang responsive. Di zaman sekarang hampir semua pebisnis salon memiliki website sendiri.

Kamu juga harus membuat website yang mudah di akses melalui ponsel android. Karena dengan demikian akan membantu promosi kamu. Terkadang ada orang yang ingin datang ke salon namun harus mengetahui harga dan pelayanan terlebih dahulu. Nah dengan kamu memiliki website yang responsive maka ada kemungkinan bisa mendapat pelanggan baru.

4. Pemasaran atau promisi

Tips berikutnya yang tak kalah penting adalah melakukan promosi. Promosi bisa di lakukan baik secara offline maupun online.

Promosi secara offline dilakukan dengan cara memasang banner atau spanduk di tempat-tempat strategis yang sering di lalui banyak orang semisal di pinggir jalan raya dan lain sebagainya.

Sedangkan promosi secara online bisa di lakukan dengan cara membuat akun media sosial semisal instagram, facebook dan lain sebagainya. Setelah membuat akun tersebut, jangan lupa juga untuk membuat konten dan postingan yang membuat orang tertarik.

Nah itulah sekilas tentang bagaimana cara membuka usaha salon untuk muslimah beserta dengan tips sukses bisnis salon. Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *